Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : DP     Tanggal : 24 Agustus 2017 11:43     Dibaca: 598 Pembaca

Resmi Dilaunching, Samsung Galaxy Note 8 Tak Ulangi Kesalahan Note 7

Samsung Galaxy Note 8 (Istimewa)

DETIK SUMSEL - Samsung akhirnya resmi mengumumkan kehadiran Galaxy Note 8 dalam acara Galaxy Unpacked 2017.

Bertempat di Park Avenue Armory, New York, AS, Rabu (23/8/2017) waktu setempat, pengumuman peluncuran flagship phablet terbaru ini disampaikan langsung oleh CEO Samsung, DJ Koh di hadapan 1.500 tamu undangan yang hadir dari seluruh dunia.

"Para hadirin, dengan hati yang gembira saya persembahkan Galaxy Note 8," kata Koh seraya memamerkan Galaxy Note 8 yang dikeluarkan dari sakunya.

"Tentu saja kita tidak akan melupakan apa yang terjadi tahun lalu. Tapi, kami tidak akan lupa para loyalis yang bersama kami," imbuhnya mengacu kepada insiden tidak mengenakkan yang terjadi tahun lalu pada Galaxy Note 7.

"Kami di sini karena dukungan Anda, komunitas Note di seluruh dunia. Ucapan terima kasih kami sampaikan khusus kepada para pecinta Note yang datang ke New York," sambung dia.

Samsung Galaxy Note 8 hadir dengan mengusung layar Super AMOLED berukuran 6,3 inci beresolusi Quad-HD 1440p. Meskipun ukuran layar Galaxy Note 8 lebih besar dari Galaxy S8+, phablet ini juga mengusung teknologi layar tanpa tepi alias Infinity Display, dengan rasio layar yang sama pula dengan Galaxy S8+, yakni 18,5:9.

Sementara dari segi hardware, Galaxy Note 8 mengusung chipset Exynos 8895 untuk pasar Asia atau Snapdragon 835 untuk pengguna di kawasan Eropa dan AS. Dapur pacu itu dipadukan dengan RAM 6GB serta pilihan memori internal 64GB/128GB/256 GB yang disertai slot kartu microSD sebagai sarana untuk memori eksternal tambahan.

Samsung juga meningkatkan kemampuan S Pen. Ujung pena stylus itu dibuat lebih kecil dan tajam. Aplikasi Air Command yang bisa dibuka oleh S Pen juga bertambah, dari enam aplikasi menjadi 10 aplikasi.

Pengguna bisa memilih aplikasi apa saja yang bisa ditampilkan oleh Air Command yang diakses dengan cara mengetukkan S Pen di layar itu. Salah satunya adalah Live Message.

Tidak hanya itu, Koh bahkan menyebut S Pen mampu menghubungkan seluruh budaya berkat adanya Pen Up, komunitas global pengguna S Pen.

"Note dapat menjangkau lebih jauh dan melakukan lebih banyak hal," ujar Koh.

Dia menjelaskan Galaxy Note terbaru itu telah bertansformasi dari perangkat tulis menjadi perangkat yang nyaman untuk disentuh.

"Layar luas yang nyaman digenggam menghadirkan cara baru untuk berkomunikasi," kata Koh.

Menurut dia, pengguna Galaxy Note 8 dapat mengirim pesan, baik berupa tulisan atau gambar, yang akan berubah menjadi gambar bergerak saat dikirimkan. Sayang, fitur ini hanya bisa aktif jika lawan bicara memiliki aplikasi messaging yang sudah mendukung GIF.

Selain itu, Samsung juga memperbarui fitur Screen Off Memo. Jika di seri Galaxy Note sebelumnya, fitur 'Off Screen Memo' alias menulis catatan dengan layar Galaxy Note tetap mati, hanya bisa menyimpan satu halaman, maka di Galaxy Note 8 kali ini bisa menyimpan hingga 100 halaman.

Namun yang paling menarik dari phablet anyar ini, Galaxy Note 8 menjadi debut Samsung dalam mengenalkan teknologi kamera ganda di bagian belakang yang masing-masing berkekuatan 12 MP.

Kamera pertama memiliki bukaan f/1.7, sedangkan kamera kedua punya bukaan f/2.4. Fitur kamera ganda ini juga sudah dibekali OIS, phase detection autofocus, 2x optical zoom, dan dual-LED (dual tone) flash.

Sementara untuk keperluan selfie dan video call, Samsung membenamkan kamera depan 8MP dengan bukaan f/1.7 yang telah dibekali autofocus.

Selain kamera, Galaxy Note 8 membawa pembaruan aplikasi yang untuk pertama kalinya dikenalkan Samsung dalam perangkatnya. Pembaruan yang dimaksud adalah Apps Pair.

"Kita bisa memasangkan dua aplikasi yang bisa dikustomisasi pengguna, yang keduanya bisa dibuka sekaligus. Kedua aplikasi akan ditampilkan secara split screen atas-bawah di layar smartphone Galaxy Note 8," jelas Koh.

Untuk kelengkapan lainnya, Samsung juga telah membekali Galaxy Note 8 dengan konektivitas Bluetooth 5.0, Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac with dual band support, USB Type-C, audio jack 3,5 mm, sertifikasi IP68, sensor sidik jari, sensor iris mata, teknologi pengenalan wajah, baterai 3300 mAh dengan isi ulang cepat dan wireless fast charging, serta sistem operasi Android 7.1.1 Nougat. (net)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi