Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 16 Desember 2016 01:12     Dibaca: 601 Pembaca

Safety Mirror di Tikungan Banyak Dirusak

Pagaralam, Detik Sumsel – Cermin Cembung atau Safety Mirror sebagai alat keselamatan berlalulintas terdapat di sejumlah ruas jalan tikungan di Kota Pagaralam, kondisinya rusak. Banyak cermin yang pecah. Tidak hanya itu, sebagian rambu lalulintas penunjuk arah hilang, bahkan sudah terlihat memudar.

Pantauan Detik Sumsel, sebagian cermin cembung tikungan yang rusak di antaranya terdapat di kawasan puncak Rimau, liku Endikat dan beberapa titik lokasi lainnya. Keberadaan rambu-rambu lalulintas ini tentunya sangat dibutuhkan pengendara sebagai tanda keselamatan di jalan yang menikung.

Erwan (40) salah seorang pengunjung (wisatawan) dari luar daerah mengungkapkan, keberadaan cermin cembung di tiap tikungan pada dasarnya diperuntukkan demi keselamatan guna menghindari kecelakaan lalulintas. Akan tetapi kenyataan yang ditemukan di lapangan, dikarena ulah manusia tidak bertanggungjawab dan tidak adanya kesadaran, rambu-rambu lalulintas tersebut justru banyak dirusak.

“Kami sebagai pengunjung (wisatawan) tentunya sangat kecewa dengan kondisi yang ada. Diharapkan pihak terkait segera secepatnya membenahi rambu rambu lalulintas di tiap jalanan terjadi rawan kecelakaan, khususnya di tikungan tanjakan maupun turunan, sehingga bisa mengurangi kecelakaan lalulintas,” harapnya.

Sambung Erwan, keberadaan cermin cembung atau safety mirror fungsinya sangat penting sebagai pemandu jalan dan memudahkan pengendara melihat kendaraan lainnya dari arah yang berlawanan, apalagi di tikungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Pagaralam, Paber Napitupulu mengungkapkan, sejauh ini penambahan rambu-rambu lalulintas di jalan raya terus ditingkatkan, guna mengurangi angka kecelakaan. Diharapkan kepada masyarakat untuk saling menjaga keberadaan rambu-rambu lalulintas yang terdapat di berbagai ruas jalan, jangan sampai dirusak oleh oknum tidak bertanggungjawab demi keselamatan bersama.

“Kami berharap peran aktif masyarakat menjaga fasilitas rambu-rambu lalulintas yang ada dengan baik, jangan sampai dirusak,” imbaunya. (vhan)


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi