Diposting oleh : Wirangga     Tanggal : 13 Agustus 2017 21:42     Dibaca: 182 Pembaca

Sarjan Berharap Pramuka Lahirkan Generasi Muda Harapan Bangsa

Sarjan Tahir Bersama Pengurus Patani

Palembang, DetikSumsel- Gerakan Pramuka resmi diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961 setelah Presiden Republik Indonesia menganugrahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keppres RI No.448 Tahun 1961. Sejak itulah maka tanggal 14 Agustus dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka.

Gerakan pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal dilingkungan sekolah, merupakan organisasi yang memberikan begitu banyak manfaat secara langsung maupun tidak langsung kepada siswa, tentang berbagai macam bidang keilmuan maupun pembentukan mental serta akhlakul karimah. 

Politikus Partai Demokrat yang yang juga Balon Cagub Sumsel ini berharap, di Hari Pramuka semakin eksis sebagai basis pengkaderan pelajar. Sebab, gerakan pramuka menghargai setiap bakat dan minat siswa yang kemudian akan terus dikembangkan, dengan cara memberi wadah serta memfasilitasi siswa sesuai  bidang yang ditekuni. 

"Dalam Pramuka siswa pun dapat mempraktekan teori-teori keilmuan yang dipelajari dalam pembelajaran wajib disekolah dan dapat membuktikan langsung ilmu yang telah didapat sehingga kecerdasan dan ketrampilan siswa semakin terasah," terang Sarjan.

Melalui gerakan pramuka, lanjutnya, dapat melatih bakat kepemimpinan, kearifan, dan toleransi. Dengan berbagai ujian kecakapan, tantangan, dan tugas yang diberikan, akan dapat mengembangkan kematangan emosi siswa dalam mengambil setiap keputusan dengan penuh pertimbangan dan pengkajian.

"Melalui kegiatan Pramuka siswa dapat belajar hidup disiplin, yang akan berguna bagi diri sendiri maupun orang lain, siswa belajar cara merawat alam sekitar dan lingkungan hidup misalnya dengan mengikuti acara reboisasi kemudian acara survival sehingga siswa bisa lebih mencintai alam sekitar," ungkapnya.

Ia berharap Gerakan Pramuka di seluruh kabupaten kota Provinsi Sumsel dapat lebih meningkatkan lagi kreatifitas siswa sehingga ketika peserta lulus sekolah maka dapat berguna untuk masyarakat juga keluarga. "Begitu juga dengan ajang kreatifitas maupun usaha mandiri atau berwirausaha, para siswa harus mampu memulai usaha, mengembangkan usaha dan mengelola usaha tersebut dengan baik sehingga kelak siswa bisa berguna di tengah - tengah masyarakat," harapnya. 

Terakhir, Sarjan Tahir selaku Wakil Ketua BPOKK Parta Demokrat yang juga DIRUT PATANI mengucapkan Selamat Hari Pramuka yang ke 56 tahun, Semoga di masa-masa mendatang melalui Gerakan Paramuka dapat menciptakan generasi Pemuda harapan bangsa yang memiliki semangat menjadikan bangsa yang lebih maju dan terdepan. "Serta memiliki peradaban yang lebih baik dimasa datang serta jiwa yang dapat diandalkan menjadi pemimpin terdepan di masa-mendatang," pungkasnga. (Wira)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi