Detik Sumsel Goes to Campus
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Puji     Tanggal : 16 Desember 2016 20:03     Dibaca: 2206 Pembaca

Sehari Dibentuk Tim Tekab Ringkus Dua Pelaku Begal

Tim Tekab saat menghadirkan pelaku begal dihalaman Mapolresta Palembang

Palembang, Detik Sumsel - Maraknya aksi kriminalitas dikota Palembang, khusus nya kejahatan jalanan begal, jajaran Polresta Palembang akhirnya  membentuk tim Tekab (Team Khusus Anti Bandit), alhasil setelah satu hari dibentuk tim ini berhasil menangkap dua pelaku begal sepeda motor yang sering meresahkan masyarakat sekitar kawasan Jakabaring, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I, Kamis (16/12) malam.

Dua pelaku yakni Erwin (20) bersama temannya Martin (19), warga Kelurahan 8 Ulu, Kecamatan SU I. Sedangkan satu pelaku lainnya MD (21) saat ini masih dalam pengejaran tim Tekab Polresta Palembang.

Tindakan tegas terpaksa diberikan kepada tersangka Erwin, dengan tembakan dua timah panas di kaki sebelah kanannya lantaran mencoba kabur dan memberikan perlawanan.

Terakhir kawanan pelaku ini  melancarkan aksinya, terhadap pelajar Sekolah Menengah Pertama Muhammad Aris Bangmukti (13) Minggu (4/12) siang.

Pada saat itu, korban bersama ketujuh temannya berangkat dari Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel untuk menemui temannya sesama genk motori kawasan Dekranasda, Kecamatan SU I.

Namun, belum sempat bertemu, korban istirahat terlebih dahulu, di Jalan Gub HA Bastari. Lalu datanglah para pelaku dari arah taman pelangi, dengan mengendarai dua sepeda motor Honda Beat dan Yamaha Xeon. 
Kemudian pelaku berhenti di tempat korban beristirahat, seraya bertanya apakah korban merupakan kelompok suporter.Lalu, dua pelaku mengumpulkan telepon seluler (ponsel) milik korban dan teman-temannya dengan alasan untuk melihat foto-foto. Sementara, pelaku lainnya merampas kunci kontak motor Yamaha Vixion milik korban. Setelah mendapatkan barang-barang tersebut pelaku langsung kabur.

"Teman saya yang jual motor korban kalau uangnya sudah habis untuk foya-foya,"terangnya saat peresmian tim Tekab dihalaman Polresta Palembang, Jumat (16/12).

Kapolresta Palembang, AKBP Wahyu Bintono Hari Bawono mengatakan, tim Tekab sendiri merupakan orang pilihan dan berpengelaman dari petugas Reskrim di Polsek-Polsek dan Polresta Palembang. Dimana tugas mereka khusus mengamankan pelaku kejahatan curas seperti begal dan jambret serta mencegah aksi tindak kejahatan jalanan.

"Tim Tekab ada 13 personil yang dipimpin oleh Perwira Pertama tugas mereka untuk mengamankan pelaku tindak kejahatan jalanan.Mereka huga akan bertindak situsional dan bila perlu tembak ditembak bagi pelaku begal dan jambret.Setidaknya sudah 18 kasus dan 11 kasus diantaranya berhasil diungkap tim Tekab termasuk kedua tersangka begal ini,"tukas Wahyu.(oj1)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi