Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Firwanto M Isa     Tanggal : 11 Juli 2018 14:55     Dibaca: 512 Pembaca

Sekarang Buat KTP El Hanya Satu Hari Langsung Jadi

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Bpk. Prof. DR. Zudan Arif Fakrullah, SH, MH saat meninjau perekaman KTP el di Asrama Haji (Foto:Tohir)

Palembang, Detik Sumsel-Antusias warga Palembang memadati Asrama Haji Palembang untuk melakukan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El), pasalnya hari ini Rabu (11/7) dilakukan Pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (#GISA) oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, Bpk. Prof. DR. Zudan Arif Fakrullah, SH, MH.

Dalam pencanangan tersebut dilakukan perekaman untuk KTP el warga Sumsel, Tidak hanya Warga Palembang yang ikut perekaman juga warga kabupaten kota se Sumsel sudah hadir sejak pagi untuk mengantri. Pantauan Detik Sumsel, tampak petugas perekaman melayani warga, dengan 17 alat perekaman petugas melayani warga .

Siti Nurman (47 Th) salah satu yang ikut antrian untik melakukan perekaman mengaku semangat mau membuat KTP, selama ini ia mengaku tidak ada kesempatan untuk melakukan perekaman KTP, walaupun antrian cukup panjaing, Siti Nurman mengaku antusias.

"Yo pak selamo ini takut nak bikin KTP karena mahal, kalau nak melalui RT selain ado ongkos jalannyo kadang lamo nian, karena hari ini perekaman gratis jadi semangat untuk bikin" ucapnya.

Untuk perekaman ini akan dilaksanakan selama tiga hari dari 11-13 Juli 2018 dan diperuntukkan bagi masyarakat Sumsel.

Sementara itu, Dirjen Dukcapil Kemendagri, Bpk. Prof. DR. Zudan Arif Fakrullah, SH, MH menjelaskan Mendorong agar seluruh masyarakat di sumsel semua memiliki dokumen pendudukan mulai dari akte kelahiran bagi yang baru labir, anak-anak memliki Kartu Indentitas Anak, yang di atas 17 tahun memiliki KTP El, yang menikah memiliki Kartu Nikah, yang meninggal dibuatkan akte kematian, inilah yang dibungkus menjadi Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (#GISA).

Dikatakaan, esensinya pemerintah ingin medorong aga semua masyarakat dokumen kependudukan lengkap, kalau sudah dokumennya lengkap maka menuju single Indetity Number.

"Menuju satu nomor kependudukan tunggal, jadi satu penduduk hanya boleh memiliki satu Nik dan satu indentitas," Ungkapnya

Diungkapkan Zudan, khusus pembuatan KTP el saat ini tidak butuh waktu lama cukup satu hari.

"Sekarang sudah di perbaiki sistemnya, jadi setiap pembuatan KTP el hanya butuh waktu paling lama satu hari, sesuai dengan Permendagri No 19 tahun 2018 didorong satu jam sampai satu hari, jika sampai lebih satu hari lapor di Halo Dukcapil telpon ke 15537, telpon kesana lapor," Pungkasnya (Fir)


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi