Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh :     Tanggal : 28 Februari 2018 17:48     Dibaca: 1653 Pembaca

Sekolah Diminta Berhati-hati Gunakan Dana Bos

Foto ilustrasi

Tebing Tinggi, Detik Sumsel - Sekolah penerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Kabupaten Empat Lawang, diingatkan berhati-hati dan tidak bermain dengan dana BOS. Pengelolaan harus sesuai  dengan tata kelola dan petunjuk teknis (Juknis).

Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Empat Lawang Rumiyadi mengatakan, selayaknya dana BOS harus dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik baiknya sesuai aturan berlaku.

"Kalau ada kepala sekolah yang melanggar akan dikenai sanksi," ujarnya.

Menurutnya pengelolaan dana BOS oleh sekolah sangatlah penting. Semua administrasi yang berhubungan dengan penerimaan dan penggunaan harus sesuai dengan Juknis.

"Jika pengelolaan ditaati sesuai peraturan, dipastikan tak akan ada penyimpangan yang dilakukan oleh sekolah dalam penyaluran dana BOS itu sendiri," ujarnya.

Ia menambahkan, dana BOS yang disediakan oleh pemerintah merupakan instrumen strategis dalam penuntasan wajib belajar 9 tahun.

"Maka, pengelolaan dana BOS harus sesuai dengan juknis penggunaan dan pertanggungjawaban keuangan dana bos," ujarnya.

Selain itu,  Rumiyadi menjelaskan, Program Indonesia Pintar (PIP) adalah bantuan berupa uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang orang tuanya tidak atau kurang mampu membiayai pendidikannya, sebagai kelanjutan dan perluasan sasaran dari program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

"Harapanyanya  mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi. Kita berharap masyarakat ikut berperan aktif mengkontrol penyerapan dana BOS dan BSM agar sesuai harapan bersama," tutupnya. (cha)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi