Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Feriandi     Tanggal : 13 Maret 2018 18:34     Dibaca: 201 Pembaca

Selain Untuk Pembangunan Fisik, Dana Desa Bisa Digunakan Untuk Pemberdayaan

Istimewa

Baturaja, Detik Sumsel -- Besarnya alokasi dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat setiap tahunnya diharapkan dapat bermanfaat untuk pemberdayaan masyarakat melalui kemandirian perekonomian masyarakat, pasalnya sejauh ini mayoritas dana desa dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur fisik.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Ahmad Firdaus mengatakan selama ini penggunaan dana desa lebih banyak ke arah pembangunan fisik, sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat masih belum maksimal.

"ya sebenarnya dana desa ini harus kepemberdayaan masyarakat bukan hanya kepembangunan Fisik"kata Firdaus saat dibincangi detiksumsel.com, belum lama ini.

Menurutnya disamping pembangunan fisik, setiap desa juga harus ada program pemberdayaan yang langsung melibatkan masyarakat desa, sehingga hal ini dapat bermanfaat dalam pengembangan perekonomian masyarakat.

"pemberdayaannya bisa diadakan pelatihan keterampilan, seperti bengkel motor, las, dan lain sebagainya. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang nantinya berdampak pada pertumbuhan perekonomian masyarakat melalui ekonomi kreatif, inilah tujuan dari penggelontoran Dana Desa ini" jelasnya.

Menurutnya, Pihaknya juga tidak bisa menyalahkan Kadea terkait belum maksimalnya Pemberdayaan desa, sebab setiap apa yang akan dilakukan dengan dana desa merupakan hasil musyawarah desa.

"Mungkin bangunan infrastuktur fisik ini sangat diperlukan untuk desa, memang rata-rata pembangunan fisik lebih banyak, contohnya penbanguna jalan setapak, siring, talud, jembatan gantung dan lainnya" ujarnya.

Namun lanjutnya pemberdayaan masyarakat juga harus dilaksanakan, diungkapkannya disetiap desa sudah ada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bergerak dibidang layanan jasa seperti Pembayaraan Rekning Listrik, serta ada juga yang bergerak dibidang usaha pertanian.

"Secara struktural BUMDes ini sudah terbentuk, namun aktif atau tidak kita tidak tahu" tuturnya. 

Pihaknya menghimbau disamping pembangunan fisik setiap desa juga harus ada program pemberdayaan masyarakat desa. "Kalau ada pemberdayaan peningkatan perekonomian melaui keterampilan masyarakat bisa saja nanti kita kasih modal penyertaan dana desa" tandasnya. (fei).


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi