Diposting oleh : Chandra Adhitya     Tanggal : 11 Agustus 2017 18:29     Dibaca: 150 Pembaca

Selama Pilkada, Media Diminta Kedepankan Netralitas

Suasana Media Gathering antara KPU dan Wartawan Empat Lawang, di kantor KPU Empat Lawang, Jumat (11/08).

Empat Lawang, Detik sumsel - Agar peran media dalam menunjang pelaksanaan Pilkada Empat Lawang berjalan dengan baik dan sesuai dengan tupoksinya,
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang menggelar media gathering bersama puluhan insan pers di Empat Lawang, Jumat (11/08), di Kantor KPU Empat Lawang.

Ketua KPU Empat Lawang, Mobius Alhazan mengatakan, media merupakan salah satu pilar demokrasi. Karena itu peran dan kontribusi media terhadap pesta demokrasi, tidak bisa dipungkiri lagi sangat penting. "Jika salah satu pilar demokrasi seperti media tidak berjalan baik, tentunya demokrasi tersebut akan pincang," ungkap Mobius

Ditambahkannya, pihaknya menjamin akan menerapkan keterbukaan informasi yang ada di KPU. "Informasi yang bersifat konsumsi publik, tentunya akan kita berikan kepada teman-media wartawan," imbuhnya.

Lanjutnya, insan pers pun harus menjaga kode etik jurnalis dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang wartawan. Netralitas dalam penyampaian berita pun harus dikedepankan, agar tidak terjebak dalam peraturan yang mengatur tentang publikasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah, Pilpres ataupun Pileg.

"Sama seperti KPU, media pun harus bersikap netral. Semuanya sudah diatur dalam undang-undang," jelasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Empat Lawang, Rodi Hartono berharap, KPU Empat Lawang bisa bekerjasama dengan insan pers secara adil. Baik terhadap media cetak, elektronik maupun media online.

"Saat ini sudah ada puluhan media di Empat Lawang, hendaknya bisa diakomodir semuanya oleh KPU Empat Lawang agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial," tandasnya (cha)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi