Diposting oleh : Iyan Ds     Tanggal : 19 Agustus 2017 19:46     Dibaca: 182 Pembaca

Sempat Keluar Jalur, Ryan Nirwan Raih Podium Pertama

Aksi salah satu pebalap saat berusaha menaklukkan lintasan Sirkuit Tanjung Senai, Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir

#Kejurnas Sprint Rally Seri 4

Palembang, Detik Sumsel-Pebalap dari tim Tim BMR Motorsport, Ryan Nirwan menjadi yang tercepat dan meraih podium pertama pada Kejuaraan Nasional Sprint Rally Seri 4 2017 yang digelar di Sirkuit Tanjung Senai, Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sabtu (19/08).

Mengendarai tunggangan andalannya Subaru WRX, pemuda asal Kalimantan Timur ini berhasil mencatatkan waktu terbaik 0.11.55,0 pada kategori M1dan mengalahkan 24 pereli lainnya. Kesuksesan Ryan menjadi yang terbaik tidak terlepas dari kerjasama yang apik bersama navigatornya Adi Indiarto. Sehingga mampu menjaga parforma dan mengatur kecepatan pada 3 Spesial Stage (SS) yang menempuh jarak 13,5 KM.

Sedangkan peringkat kedua ditempati Benny Lautan/Edwin Nasution, asal Sumut dari Tim Speed Line Motorsport dengan catatan waktu 0.11.59,0. Sementara di tempat ketiga diraih Priamanaya Djan/Hery Koentoyo dari FBRT Sport dengan catatan waktu 0.12.39,1.

"Track-nya tidak mudah, semakin lama semakin licin dan begitu pula dengan debunya. Kami pun terpaksa mengurangi kecepatan karena jika terus digeber justru semakin terjebak. Bahkan kami sempat keluar jalur. Tapi kami bersyukur bisa kembali mengejar top speed di SS 3," ungkap Juara Kejurnas Sprint Rally 2016 ini usai balapan.

Tebalnya debu di lintasan Sirkuit Tanjung Senai diakuinya sempat membuat dirinya kewalahan, karena berpengaruh pada jarak pandang. Kondisi ini membuat dia terpaksa menurunkan kecepatan pada SS 2 dan SS 3, meskipun pada SS 1 dirinya berhasil mencapai top speed. Namun kondisi tersebut juga terjadi pada pereli lainnya.

Ryan sendiri tidak menyangka dirinya akan keluar sebagai juara umum karena ketatnya persaingan dengan pereli nasional Benny Lautan/Edwin Nasution asal Sumatera Utara. Begitu pula dengan pereli yang memenangkan untuk kategori non-seeded Andi Batara/Adi Wibowo. Meski telah menjadi yang terbaik pada Kejurnas Sprint, Ryan enggan berpuas diri. Karena dia juga membidik gelar di seri ke-1 Kejurnas Speed Rally, Minggu (20/08) besok di lintasan Perkebunan Tebu Cinta Manis.

"Saya yakin tentunya teman-teman lain akan melakukan upaya terbaik untuk bisa menang. Karena itu, selain mempersiapkan strategi, kami juga harus menjaga kondisi fisik dan mental untuk menghadapi 9 SS besok,"terangnya.

Pereli nasional Benny Lautan berharap, pada balapan besok cuaca tetap normal dan tidak ada hujan, agar mereka bisa mencapai top speed pada pertandingan besok. "Kalau saya dan juga pebalap lain tentunya berharap kondisi cuaca tetap seperti ini, panas dan tidak hujan. Karena kalau hujan, tentunya lintasan akan licin dan menyulitkan kita untuk memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Selain itu, kami (pebalap) juga terpaksa merubah strategi yang telah disusun,"ucapnya. (Iyop)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi