Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : DP     Tanggal : 15 Mei 2017 11:05     Dibaca: 379 Pembaca

Sering Ganti Password Email, Akun Aman?

Ilustrasi (Istimewa)

DETIK SUMSEL – Menteri Komunikasi dan Informatika (Informatika), Rudiantara mengimbau, seluruh masyarakat untuk mengganti password email maupun semua hal yang berkaitan dengan dunia maya. Menurutnya, rutin mengganti password tersebut agar terhindar dari tangan jahil atau hacker.

“Terkait siber security, seharusnya kita update password yang berkaitan dengan dunia siber. Sebisa mungkin atau paling tidak sebulan sekali harus diupdate dan lain sebagainya,” katanya.

Tak dipungkiri, dengan aktivitas dunia maya yang begitu sering dilakukan, keamanan seperti mengubah password kerap dikesampingkan. Padahal, sisi keamanan juga penting untuk dipedulikan.

“Kan kadang-kadang dari mulai create account email Gmail atau Yahoo, dari beberapa tahun lalu sampai sekarang gak diubah-ubah. Jadi setidaknya hal itu juga perlu diperhatikan,” ujarnya.

Meski begitu, Pengamat Keamanan Cyber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya mengatakan, tak masalah bila password jarang diganti. Hanya saja, bila sudah kena key logger akan sulit dan pastinya tidak akan berpengaruh.

“Tetap aja passwordnya bisa diketahui peretas. Mau panjang sampai seperti judul skripsi juga percuma,” ucapnya.

Alfons menjelaskan, dengan mengaktifkan TFA Two Factor Authentication dan OTP One Time Password, peretas tidak akan bisa masuk ke akun e-mail maupun media sosial.

“Itu kunci pengamanan yang harus dilakukan untuk mengamankan akun, “ jelasnya. (net)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi