Detik Sumsel Goes to Campus
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Butet Kertaradjasa     Tanggal : 02 Januari 2017 21:06     Dibaca: 1496 Pembaca

Sertifikasi Triwulan IV Batal Cair, Guru Gigit Jari

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Prabumulih, HM Rasyid SAg

Prabumulih, Detik Sumsel - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Prabumulih, HM Rasyid SAg mengatakan, dana sertifikasi guru triwulan IV yang rencananya bakal cair di penghujung tahun 2016 ternyata diketahui batal cair. Penundaan pembayaran dana sertifikasi guru dikarenkan defisitnya keuangan daerah.

"Ya memang benar guru penerima dana sertifikasi sudah membubuhkan tanda tangan. Sayangnya, karena defisit keuangan daerah jadi pembayarannya ditunda atau dibatalkan," ujar Rasyid ketika dikonfirmasi.

Rasyid menjelaskan, pihaknya belum mengetahui sampai kapan penundaan pencairan dana sertifikasi guru triwulan IV tersebut. Namun, menurutnya pembayaran akan dilakukan jika keuangan daerah membaik.

"Nanti jadi pertanyaan, sudah tanda tangan kok uang tidak kunjung cair. Terpaksa penandatanganan dana sertifikasi kita batalkan semua, karena uanganya belum ada," tegasnya.

Sementara itu, salah seorang guru penerima sertifikasi membeberkan rasa kecewanya terkait pembatalan pembayaran dana sertifikasi tersebut. Pasalnya, selain tidak jelas kapan cairnya tanpa ada batas waktu, uang sertifikasi itu memang sangat dibutuhkan sebagai uang tambahan penghasilan.

"Seharusnya Disdik memberikan keterangan jelas dan pasti tentang alasan penundaan dan jadwal pencairan dana sertifikasi triwulan IV. Tapi informasi yang kita terima, itu disebabkan keuangan daerah lagi kosong," ungkapnya yang namanya minta jangan ditulis.

Menurut dia, kalau jadi dicairkan uang tersebut dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Mengingat anak-anak mau masuk sekolah jelas butuh biaya untuk membeli peralatan sekolah dan kebutuhan pokok lainnya.

"Kita sangat berharap dana sertifikasi bisa cair. Kalau sudah tahun baru, jelas dana sertifikasi sudah baru lagi. Mau dibilang kecewa ya pasti kecewa, tapi kita cukup mengerti mengingat uang pemerintahan lagi defisit. Ya terpaksa bersabar dan menanti kabar selanjutnya," pungkasnya. (ica)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi