Diposting oleh : Firwanto M Isa     Tanggal : 21 Agustus 2017 14:51     Dibaca: 116 Pembaca

SMAN 1 Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri

Kepala SMA Negeri 1 Palembang dan segenap guru serta siswa berfoto bersama di lapangan SMA Negeri 1 Palembang, Senin (21/8/2017).

Palembang, Detik Sumsel - SMA Negeri 1 Palembang meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri sebagai pemacu untuk lebih giat dalam menjaga kesehatan dan kebersihan. Penghargaan ini program empat menteri, yaitu Menteri Pendidikan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, dan Menteri Agama. Program ini merupakan program paling bergengsi untuk lomba sekolah sehat serta dukungan yang sangat kuat. Piala Adiwiyata Mandiri yang diarak keliling sekitar lingkungan sekolah tersebut oleh ratusan siswa dan siswi, Senin (21/8/2017).

"Apa yang sudah didapatkan saat ini merupakan hasil kerja keras kekompakan tim Adiwiyata Mandiri yang bekerjasama dengan banyak pihak. Mulai dari siswa-siswi, kader, hingga tim pembina Adiwiyata Mandiri, semoga kerjasama yang baik selama ini telah terbina, dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. Sehingga, upaya menjaga lingkungan dan melestarikannya dapat tercapai sesuai harapan," jelas Kepala SMA Negeri 1 Palembang Nasrul saat ditemui detiksumsel.com.

Dikatakannya, khusus kota Palembang mulai dari tingkat TK sampai ke SMA ini baru kali pertama berhasil merebut juara 1 tingkat nasional di bidang The Best Performance yang lain belum pernah ada, ini merupakan suatu sejarah baru untuk pendidikan di kota palembang yang umumnya di Sumsel.

"Program ini berkaitan dengan trias UKS dan sangat luas penjabaran trias UKS itu  yaitu masalah pendidikan kesehatan, mulai kita menyiapkan sapras pendukung yang berkaitan dengan pendidikan dan kesehatan, kemudian ada Kelompok Kesehatan Remaja (KKR) mereka ada penyuluhan dan bimbingan secara terpadu dari tim pembina UKS mulai dari tingkat Provinsi, Kecamatan dan Kota, puskesmas ini sangat kompleks sekali," jelasnya.

Masih kata Nasrul, satu hal yang mengedukasi kita supaya menjaga kebersihan baik lingkungan khususnya wc, karena masing-masing wc kita petugas khusus jadi mereka bertanggung jawab supaya tidak bau dan airnya terjaga minimal dua hari harus dikuras walaupun belum dua hari harus dikuras.

"Ini yang sudah kita budayakan selain kita menata lingkungan taman dan sebagainya sehingga kesannya indah, sejuk dipandang mata," katanya.

Sementara itu, Dra Rosmauli MSi, Ketua Sekolah Sehat SMA Negeri 1 juga mengungkapkan, sesuai dengan visi misi sekolah SMA Negeri 1 Palembang yaitu sebagai sekolah yang sehat, bermutu, berkarakter, dan berwawasan lingkungan serta global. Juara yang telah kami raih ini semua atas dukungan dannperan serta guru-guru, siswa dan tim Adiwiyata.

"Semua usaha telah kami upayakan dalam mendapatkannya termasuk  bekerjasama dengan BPOM supaya mengecek seluruh makanan diseluruh kantin, termasuk penjaga kantinya sendiri akan kita cek, termasuk guru juga kita tensi dengan mendatangkan dokter dari puskesmas supaya nantinya sehat dan terhindar dari penyakit," pungkasnya. (fir)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi