Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh :     Tanggal : 05 Agustus 2017 14:25     Dibaca: 959 Pembaca

Sosialisasikan Bahaya Karhutla di Kawasan Konservasi TNKS

Tiga pilar Kamtibmas Kecamatan Rawas Ulu dan Ulu Rawas membawa sepeda motor menggunakan rakit menuju lokasi sosialisasi karhutla, di Desa Kuto Tanjung, Kecamatan Ulu Rawas yang merupakan wilayah konservasi TNKS, Sabtu (05/08)

Muratara, Detik Sumsel-Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Muratara, pemerintah daerah bersama TNI dan Polri terus melakukan kegiatan sosialisasi secara prefentif kepada masyarakat, termasuk di kawasan konservasi Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) di Kecamatan Ulu Rawas.

Pada kegiatan sosialisasi yang dilakukan Sabtu (05/08) sekitar pukul 07.30 WIB, tiga pilar Kamtibmas Polsek Rawas Ulu bersama masyarakat Peduli Api melakukan Patroli Karhutla menuju Desa Kuto Tanjung Kecamatan Ulu Rawas. Terjalnya jalan berbukit yang harus dilewati untuk sampai ke Desa Kuto Tanjung, membuat tim Patroli Karhutla terpaksa harus menggunakan sepeda motor jenis trail.

Kapolsek Rawas Ulu AKP Beni Nofiza, SE mengungkapkan, meski harus menempuh medan yang sulit untuk tiba dilokasi, hal itu tidak menjadi halangan bagi pihaknya dalam melakukan sosialisasi Karhutla kepada masyarakat disana, yang sebagian besar bekerja sebagai petani.

"Agar masyarakat dapat mengetahui bahaya yang ditimbulkan Karhutla, sehingga dapat turut mencegah terjadinya kebakaran hutan sejak dini,"ungkapnya.

Dia melanjutkan, ada beberapa hal yang disampaikan pihaknya dalam sosialisasi Karhutla. Salah satunya mengingatkan kepada warga agar jangan membuang puntung rokok sembarang. Selain itu apabila warga menyalakan api untuk memasak di hutan atau kebun, maka pastikan api dalam keadaan mati saat akan ditinggalkan pergi.

Kapolres Musi Rawas AKBP Pambudi menambahkan, Secara Geografis, wilayah Kecamatan Ulu Rawas memang termasuk kawasan konservasi Taman Nasional Kerinci Sebelat."Wilayah itu merupakan Hutan Lindung. Karena itu apabila terbakar, maka akan menimbulkan kebakaran yang besar," ungkapnya.

Oleh sebab itu lanjut kapolres, upaya pencegahan dini harus dilaksanakan dengan maksimal dengan mengerahkan kekuatan masyarakat sebagai pilar utama dalam mencegah Karhutla."Harapan kami, semua pihak mendukung penuh upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan," harapnya. (ffa)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi