Diposting oleh : AMS     Tanggal : 19 November 2016 19:49     Dibaca: 364 Pembaca

Stop Mising Sembarangan

PALI Sosialisasikan Program Stop Mising Sembarangan (SMS)

PALI, Detik Sumsel - Masih tingginya masyarakat Kabupaten PALI yang belum memiliki fasilitas Jamban yang layak yaitu kurang lebih sekitar 8.198 Rumah Tangga yang tersebar di 5 Kecamatan menjadi sorotan penting Pemerintah Kabupaten PALI.

"Target di tahun 2019 sudah tuntas semua, memiliki jamban yang sehat, nanti tidak ada lagi warga Kabupaten PALI yg tidak memiliki jamban," kata Sekda Kabupaten PALI H.Robby Kurniawan S.STP M.Si di PALI, Sabtu (19/11). 

Dikatakan, Program Stop Mising Sembarangan (SMS) sangat penting, terutama bagi wanita dan anak-anak. BAB di tempat terbuka bisa meningkatkan terjadinya kasus-kasus Pelecehan terhadap anak dan perempuan. Selain itu, banyaknya penyakit yang ditimbulkan akibab BAB sembarangan.

"Bisa kita bayangkan dengan jumlah besar masyarakat yang tidak memilki  jamban dan BAB sembarangan tentunya akan meningkatkan pencemaran lingkungan termasuk air minum sehingga akan timbul penyakit seperti diare, penyakit kulit. Gizi buruk pun bisa terjadi. hal ini tentu akan menurunkan kualitas SDM kita, yang sebenarnya menjadi modal dasar pembangunan Kabupaten PALI dimasa yang akan datang" ujarnya.

Oleh karena itu, kita bersinergi dari pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan, kemudian pemerintah desa. Menstimulasi masyarakat untuk Stop Mising Sembarangan dan memberikan bantuan bahan membangun jamban. "Kita tidak memberikan barang jadi, tetapi kita memberikan bantuan bahan, pencetak, pasir, semen. Mereka akan swadaya sendiri, bergotong-royong membangun jamban sehat di desa masing-masing, " Beber Robby.

Termasuk satu hal kita akan mengundang segera perusahaan untuk menyalurkan program CSR-nya dalam rangka mengentaskan program Stop Mising Sembarangan. 

Lebih lanjut kata Robby, diharapkan peran serta seluruh lapisan masyarakat dan besinergi dengan pemerintah daerah untuk bergotong-royong royong menghentikan kebiasaan BAB Sembarangan.

"Kita sebagai masyakat berpartisipasi aktif, dengan adanya jamban, tentunya sangat bermanfaat, dapat menerapkan pola hidup dan perbaikan lingkungan bersih dan sehat", Pungkasnya (Alx)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi