Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh :     Tanggal : 16 Juni 2017 16:01     Dibaca: 1109 Pembaca

Sungai Kelingi Meluap, Kampung Warna Warni Kebanjiran

Warga berusaha menyelamatkan barang-barang berharga dirumahnya yang terendam banjir di kampung warna-warni. Jumat (16/05) Foto Istimewa

Lubuklinggau, Detik Sumsel-Hujan deras yang mengguyur kota Lubuklinggau sejak Kamis (15/06) malam hingga Jumat (16/06) pagi membuat debit air Sungai Kelingi yang melintas dalam kota Lubuklinggau naik dan meluap. Akibatnya, pemukiman warga di kampung wisata warna warni terendam air dan menyebabkan tiga rumah warga yang berada dibantaran sungai nyaris roboh terbawa arus.  

Mat (50), warga RT 5 Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau mengungkapkan, seumur hidupnya tinggal disana, baru kali ini debit air Sungai Kelingi meluap dan mengakibatkan rumahnya terendam banjir. "Sekitar pukul 10.00 WIB pagi, banyu (air) sudah mulai masuk kerumah. Saya sontak terbangun dan langsung berupaya menyelamatkan barang-barang di dalam rumah," katanya.

Derasnya terjangan air yang terus meninggi membuat dirinya hanya mampu membawa barang seadanya, sedangkan barang berharga lainnya seperti dompet, uang tabungan dalam celengan, kipas anggin, kompor gas, speaker dan lainnya tidak sempat dia diselamatkan. "Pakaian yang sempat diselamatkan, semuanya dalam kondisi basah. Kalau barang yang lain tidak sempat lagi dibawa, karena airnya cepat sekali meninggi,"ungkapnya.

Dikatakannya, kurang lebih 40 tahun dia tinggal disana. Tapi biasanya setiap kali hujan deras maupun banjir akibat air pasang, tidak pernah sampai masuk kedalam rumahnya. "Baru kali inilah, banjir besak nian, selamo ini, nak ujan cak manolah, dak pernah masuk kerumah, aku tebak, banjir ni kareno hujan di daerah pucuk (Curup), kalau cuman Karno ujan pagi tadi dak mungkin banjir sebesak ini,"ungkapnya.(ffa)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi