Iklan Lucianty Pahri
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Andi Ardian     Tanggal : 12 Maret 2018 12:09     Dibaca: 355 Pembaca

Suprayitno : Jangan Tulis di Medsos, Tapi Adukan ke Panwaslu

Ketua Panwaslu Kabupaten Muara Enim Suprayitno S.HI

Muara Enim, Detik Sumsel- Ketua Panwaslu Kabupaten Muara Enim Suprayitno S.HI menegaskan, jika masyarakat ingin mengadu atau ada menemukan pelanggaran Pilkada, jangan cuma di Media Sosial (Medsos), tetapi adukan ke Panwaslu Kabupaten Muara Enim.

"Jangan di medsos, tapi adukan sama kita, kita tidak pilih-pilih, kita profision saja," Suprayitno S.HI, saat dibincangi reporter, Senin (12/3).

Dijelaskannya, jika masyarakat menemukan atau melihat pelanggaran dalam Pilkada, jangan cuma di medsos, tetapi adukan sesuai prosedur ke Panwaslu. Dengan begitu, pelanggaran yang mungkin ada dalam Pilkada tersebut bisa ditindak lanjuti sesuai dengan aturan.

Namun, lanjut dia, pengaduan tersebut juga harus lengkap dari unsur apa saja yang diadukan, termasuk saksi yang disiapkan minimal dua orang saksi. Untuk itu, pihak Bawaslu bisa melakukan konfirmasi dengan pihak terlapor.

"Jika pemeriksaan lengkap baru Bawaslu bisa meneruskan ke Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) sampai pihak KPUD yang bisa membatalkan paslon Bupati jika terbukti, atau apakah ke hukum pidana, atau sanksi lainnya, " katanya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya sudah menerima beberapa laporan selama kampanye ini, jika nanti masalah kemarin juga ada yang melapor, maka ada beberapa laporan aecara resmi dari masyarakat dan semuanya akan diproses atau diklarifikasi.

"Kita secara profisional saja. Jangan sampai masyarakat menilai Panwaslu hanya diam dan juga tidak mengawasi. Tapi, itu tadi, laporkan secara resmi ke kita, kita siap memperoses pengaduan tersebut," cetusnya.(ndi)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi