Diposting oleh : AMS     Tanggal : 03 September 2017 14:44     Dibaca: 1942 Pembaca

Survey LKPI, Lima Kandidat Berpeluang Maju Pilgub Sumsel

Direks LKPI Ariyanto MSc MSi saat merilis survey di Palembang, Minggu (3/9)

Palembang, DetikSumsel- Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) merilis hasil survey peta elektoral calon Gubernur Pilkada Sumsel 2018. Dalam survey yang digelar 16-27 Agustus lalu ini, lima kandidat menempati posisi teratas dan berpeluang maju Pilgub tahun depan. 

Dimana, lima nama teratas berdasarkan pertanyaan semi terbuka terhadap calon yang daftar di partai tertinggi yakni Herman Deru 19,9 persen, Ishak Mekki (19,4 persen), Dodi Reza Alex (15,7 persen), Syahrial Oesman (13,6 persen) dan Syaifudin Aswari Rivai (7,5 persen). Lalu, nama lainnya yang juga masuk dalam bursa survey adalah Eddy Santana Putera (3,2 persen), Susno Djuadji (0,4 persen), Iskandar Sahil dan Mawardi Yahya (0,2 persen), Giri Ramandha (0 persen) dan calon lainnya dengan masa mengambang 19,9 persen. 

"Melihat data ini bisa dikatakan lima calon ini berpeluang karena gap nya tidak terlalu jauh dengan margin of error 3,5 persen, sehingga belum bisa kita simpulkan siapa yang unggul," kata Direks LKPI Ariyanto MSc MSi saat merilis survey di Palembang, Minggu (3/9).

Survey yang dilakukan lembaga yang terdaftar dalam perhimpunan survey opnini publik indonesia (Persepi) ini menggunakan metode multy stage random sampling 830 responden secara propolsional di Provinsi Sumsel. 

"Alasan masyarakat memilih calon tersebut karena menilai sudah terbukti kinerjanya (34 persen), perhatian kepasa rakyat (27 persen) dan pengalaman (9 persen)," ungkapnya. 

Masih menurut Ariyanto, semua calon mengalami trend peningkatan meskipun pergerakannya sangat dinamis. Tapi pergerakan ini sangat dinamis. "Menariknya 48 persen masyarakat akan menentukan piliham saat hari pencoblosan, inilah yang harus dicermati kandidat sehingga kadang kala hasil survey sebelum dan saat pemilihan bisa berubah," pungkasnya. (Dul)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi