Diposting oleh : Efen Permata     Tanggal : 10 September 2017 20:49     Dibaca: 1114 Pembaca

Survey SMRC: Mularis Terpuruk, Harnojoyo Lampaui Elektabilitas Sarimuda

Hasil Survet SMRC

Palembang, DetikSumsel- Lembaga Survei Saiful Mujani Reaserch & Consulting (SMRC) merilis hasil survei peluang bakal calon Walikota dalam Pemilihan Kepala Daerah 2018, Minggu (10/09) bertempat di ballrom hotel Arista.

CEO Lembaga Survei SRMC, Djayadi Hanan, PhD mengatakan, survei yang dilakukukan mulai dari 24-31 Agustus ini, mencapai populasi survei seluruh warga Palembang yang mempunyai hak pilih.

"Sampelnya sebanyak 450 orang. Sampel dipilih dengan metode multistage random sampling dengan jumlah proposional. Dan toleransi kesalahan (margin of eror) 4,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," kata Djayadi.

Dalam rilis tersebut, sudah dilakukan pertanyaan tertutup dengan simulasi tiga kandidat yang kini getol bakal maju sebagai calon walikota. Dimana, cawako dari Hanura Mularis Djahri terpuruk dengan perolehan 2,0 persen

Sementara elektabilitas Harnojoyo mencapai 43,6 persen dan melampaui Sarimuda diangka 32,4 persen. "Massa mengambang sekitar 22,0 persen," terangnya. 

Simulasi juga dilakukan dengan pasangan calon yang sudah mulai mempublis ke masyarakat. Hasilnya, jika pilkada digelar sekarang, maka pasangan Harno-Finda menang telak dengan perolehan 41,5 persen, Sarimuda-Rozak 28,4 persen dan disusul pasangan Mularis-Lury 3,8 persen dengan massa mengambang sekitar 26,0 persen.

"Hal ini selaras dengan respon masyarakat terhadap kepuasan kinerja incumbent Harnojoyo 79 persen dan kepuasan terhadap kinerja wakil incumbent Fitrianti Agustinda 75 persen," sambungnya. 

Masih menurut Djayadi dalam survey ditemukan juga alasan masyarakat Palembang memilih pemimpin. Sebanyak 46 persen warga memilih pemimpin karena jujur, bersih dari korupsi, dan perhatian pada rakyat (38 persen). "Hampir semua warga Palembang atau 72 persen warga Palembang mengetahui akan diadakanya pemilihan langsung," tutupnya. (Pen) 

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi