Diposting oleh : Feriandi     Tanggal : 28 Mei 2017 23:29     Dibaca: 209 Pembaca

Tahun Ajaran Baru , Siswa wajib Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Sebelum Belajar

Kadisdik OKU Dr. Drs. H. Achmad Tarmizi SE MT M.Si

Baturaja, Detik Sumsel - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mewajiban siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap hari di sekolah. Aturan ini diberlakukan mulai tahun ajaran baru. Menangapi hal tersebut kadisdidk OKU Dr. Drs. H. Achmad Tarmizi SE MT M.Si mendukung keinginan mentri pendidikan dan kebudayaan, dan akan disampaikan serta dijalankan di seluruh sekolah yang ada di kab. OKU. 

“Kita sambut baik gagasan mentri pendidikan, dalam hal ini siswa akan menyanyikan Indonesia Raya setiap hari sebelum pelajaran dimulai di kelasnya, dan mereka semua akan memimpin secara bergiliran menjadi derijennya,” kata Tarmizi.

Dengan menanyi lagu nasional ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada para pelajar. “Lewat lagu - lagu nasional ini kita mengharapkan dapat menanamkan rasa cinta tanah air serta menambah nilai - nilai kebangsaan. Lagu nasional dan lagu kebangsaan ini merupakan penyemangat, dan guru lah yang juga memiliki tugas untuk mengajarkan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air serta mempererat persatuan NKRI melalui lagu nasional kepada anak – anak,” ungkapnya.

Selain untuk menanamkan nilai kebangsaan dan cinta Tanah Air ke dalam jiwa anak Indonesia sejak dini, menghafal dan menghayati lagu kebangsaan juga merupakan salah satu dari 18 nilai yang harus terinternalisasi di dalam alam kesadaran siswa melalui pembiasaan - pembiasaan. “Jangan sampai ada siswa kita yang dihukum menyanyikan lagu Indonesia raya atau agunasional lainnya Tapi Tidak hapal, malah nyanyi cinta-cintaan, nah ini kenapa, mana rasa nasionalisme dan cinta tanah airnya,” tegasnya.

Kedepan Tarmizi berharap tidak ada lagi pelajar khususnya di Kabupaten OKU yang tidak tau bahkan tidak kenal dengan lagu nasional ataupun lagu kebangsaan. “Jadi saya harap setelah lomba ini anak – anak di ajarkan lagu kebangsan, jadilah guru yang amanah. Selain itu guru juga akan bangga jika siswa nya berhasil dan sukses kedepannya. Dan kami berharap para siswa setelah tamat dari sekolah semua anak pasti sudah mempunyai pengalaman memimnpin lagu Indonesia Raya,”tukasnya (fei)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi