Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Maya     Tanggal : 11 Juli 2018 13:19     Dibaca: 81 Pembaca

Tahun Ajaran Baru, Pegadaian Diserbu

Seorang konsumen sedang melakukan transaksi gadai.

Palembang, Detik Sumsel - Memasuki tahun ajaran baru, pegadaian cabang Palembang, terkena imbas banyaknya masyarakat yang menggadaikan barangnya untuk keperluan anak sekolah.

Perhiasaan emas masih menjadi barang yang paling banyak dijadikan masyarakat sebagai barang gadai untuk mendapatkan dana tunai.

"Memang untuk pembiayaan mengalami peningkatan khususnya menjelang tahun ajaran baru sekolah, sekarang saja sudah sudah naik signifikan hingga 20 persen," ujar Busra Adrianto, Pemimpin Cabang Pegadaian Palembang.

Untuk gadai memang jumlah transaksi di kantor Pegadaian yang berada di Jl Merdeka bisa mencapai 100 transaksi dalam sehari dan sebagian besar masih untuk keperluan kebutuhan anak sekolah.

Bahkan peningkatan dana masih akan terus terjadi hingga mendekati tahun ajaran baru tiba. Saat ini saja dalam sehari bisa 100 transaksi dan untuk mendapatkan dana segar sekitar 90 persen nasabah masih menggadaikan perhiasaan emas.

"Kebanyakan nasabah menggadaikan emas karena lebih mudah, untuk kebutuhan permintaan dana setiap nasabah memang berbeda namun rata-rata membutuhkan Rp 3 juta sampai Rp 7,5 juta," ungkapnya.

Besaran nominal tersebut sesuai dengan kebutuhan tahun ajaran baru. Pasalnya orang tua harus membayar sejumlah biaya belum lagi peralatan sekolah yang harus dibeli.
       
Selain dana untuk tahun ajaran baru, Busra mengaku ada juga untuk kebutuhan ekonomi produktif khususnya nasabah yang membutuhkan dana seperti para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pegadaian sampai saat ini masih menjadi lembaga yang dipercaya masyarakat yang membutuhkan tambahan dana dengan bunga gadai yang dipatok mulai dari 0,75 persen sampai 1,15 persen per 15 hari, untuk besaran disesuaikan dengan golongan yang terbagi dalam empat kategori. (May)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi