Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Maya     Tanggal : 11 Januari 2018 19:34     Dibaca: 420 Pembaca

Tahun Politik, Order Percetakan Justru Turun

Heroelinka, owner Maxprints

Palembang, Detik Sumsel - Tahun politik kali ini ternyata tidak begitu memberikan angin segar, bagi pelaku usaha percetakan di Kota Palembang.

Bahkan bila dibandingkan tahun politik sebelumnya, tahun ini jelas Heroelinka, owner Maxprints, justru mengalami penurunan order yang cukup signifikan.

"Biasanya tiga bulan sebelum masuk tahun politik kita sudah terima order, baik itu untuk brosur atau kalender. Tapi ini baru masuk di pertengahan hingga akhir Desember 2017 kemarin," ujarnya, Kamis (11/1/2018).

Menurut Heroe, hampir semua rekan percetakan lainnya juga mengalami hal serupa. Untuk itulah ia menerapkan strategi tak lagi mencari profit keuntungan 10-20 persen, hanya pasang tarif untuk jasa cetak saja.

"Syukurnya disini kita punya mesin cetak sendiri, jadi bukan broker atau pihak ketiga, bisa dapat tarif jasa cetak saja sudah Alhamdulilah. Entahlah, tahun ini cukup berat saya nilai. Apalagi sejak 2015 kan perekonomian cenderung lesu," jelasnya.

"Kita mengharapkan tahun politik ini bisa meraup keuntungan, tapi ternyata jauh dari yang diharapkan. Karena order cetak yang sangat sedikit, kemudian banyak yang tidak bayar, untuk itu pelaku percetakan hati-hati saat menerima orderan. Minimal sudah melakukan Down Payment (DP) 70-80 persen atau dicover menggunakan cek," katanya.

"Orderan memang masih ada, tetapi tak banyak. Contohnya, orderan 50 ribu lembar kalender dari salah satu pasangan calon (Paslon) di Banyuasin. Selain Banyuasin, ada juga dari Lahat dan Bengkulu," ujarnya.

Selain memiliki percetakan offset, Maxprint juga menerima orderan untuk Baliho, brosur di Digital Printing Office di kawasan Jalan Datuk M Akib No 236 (Dekat Masjid Agung).

"Agar usaha tetap jalan kita tak terlalu mencari peruntungan dari cetak untuk Pilkada saja, namun fokus melayani orderan personal atau corporate," ucapnya. (May)


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi