Iklan Lucianty Pahri
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Rendi     Tanggal : 24 Februari 2018 13:51     Dibaca: 279 Pembaca

Tak Hadir Deklarasi Money Politik, Tiga Paslon Datangi Panwaslu

Salah satu Paslon, Saat Menandatangani isi tolak politik uang dan isu SARA

Pagaralam, Detik Sumsel - Tiga Pasangan Calon (Paslon) Pilkada Pagaralam yaitu paslon Novirzah Djazuli-Suharindi (NS),Paslon Alpian Maskoni-Muhammad Fadli (AlFad) dan Hj.Ida Fitriati Basjuni-Armansyah (IdaMan) harus memenuhi undangan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pagaralam.

Hal ini karena tiga paslon tersebut  tidak hadir dalam acara deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang (money politik) dan Politisasi Sara untuk Pilkada 2018 Berintegritas, di Alun-alun Utara Pagaralam, beberapa hari lalu.

Informasi Detik Sumsel, Sabtu (23/2) Panwaslu mengundang ketiga paslon ini untuk menandatangani isi deklarasi tolak politik uang dan isu SARA seperti yang sudah dilakukan oleh tiga paslon sebelumnya.

Sekretaris Panwaslu Haryadi Alfat mengatakan, bahwa penandatanganan ini bersifat penting bagi setiap paslon sehingga tidak bisa diwakilkan kepada siapapun.

"Jadi tiga paslon tersebut kita undang karena mereka yang belum melakukan tanda tangan naskah deklarasi,"katanya.

Sebelumnya Ketua Panwaslu Ihwan Nofri mengatakan mengahadapi pilkada, mengajak semua komponen, seperti paslon, pimpinan partai politik, timses serta siapapun yang terlibat di dalam pilkada, untuk sama-sama mewujudkan pilkada Pagaralam yang bersih, damai dan tertib, serta demokrasi yang berintegritas.

"Kita juga mengharapkan peran aktif masyarakat untuk dapat mengawasi pilkada pagaralam, agar jauh dari yang namanya politik uang dan politisasi sara,"harapnya.

Sementara itu Kapolres Pagaralam AKBP Dwi Hartono mengatakan, menyikapi deklarasi ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan panwaslu agar dapat  bersama-sama mengawal pilkada pagaralam jauh dari tindakan politik uang maupun politisi sara, khususnya di pilkada Pagaralam. Bahkan pihaknya telah membentuk Satgas untuk mengawasi pilkada Pagaralam.

"Kita harapkan pilkada pagaralam dapat berjalan damai tanpa ada satupun pelanggaran yang dilakukan oleh enam paslon,"harapnya.

Ditambahkannya, khusus untuk Politisi Sara, pihaknya berpesan kepada paslon dan masyarakat untuk tidak melakukan hal tersebut, sebab menurutnya politisi sara ini sangat rentan untuk memecah persatuan masyarakat.

"Siapa saja boleh memilih siapapun, namun kita tetap harus saling menghormati, dan saling menghargai, agar terwujud pilkada pagaralam yang damai,"pungkasnya.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi