Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Erizal Wandi     Tanggal : 24 Maret 2017 21:41     Dibaca: 1009 Pembaca

Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Kesulitan Bawa Hasil Kebun

Kondisi jalan Kelurahan Karang Jaya

Prabumulih, Detik Sumsel - Masyarakat Kelurahan Karang Jaya mengeluhkan kondisi jalan di wilayah perkampungan mereka. Pasalnya, jalan yang menjadi akses utama masyarakat untuk membawa hasil perkebunan di wilayah tersebut sudah lama mengalami kerusakan dan membuat sejumlah titik jalan yang berlubang dan digenangi air. 

Mirisnya lagi, kondisi tersebut sudah terjadi bertahun-tahun tanpa ada sentuhan perbaikan dari pemerintah. Akibat kerusakan jalan tersebut, masyarakat kesulitan membawa hasil kebun mereka.

Seperti diungkapkan Abdullah Doni (38), warga setempat. Dia mengatakan Jalan Karang Jaya merupakan jalan penghubung antara Kelurahan Karang Jaya kota Prabumulih, dengan Desa Lubuk Semantung Kecamatan Belido Darat Kabupaten Muara Enim. Warga kerap menggunakan jalan tersebut untuk mendistribusikan hasil bumi serta barang lainnya ke luar dusun. 

"Jalan di dusun kami ini sudah lama tidak diperbaiki. Perbaikan hanya dilakukan di perkampungan. Padahal jalan ini juga cukup penting karena akses keluar masuk ke kebun lewat jalan inilah," ujar Doni ketika dibincangi kemarin (24/03).

Hal senada juga disampaikan oleh Hady, warfga lainnya. Selain menyulitkan warga setempat kerusakan jalan tersebut juga kerap memakan korban. Bahkan tidak jarang banyak kendaraan baik roda dua dan roda empat yang terjebak masuk dalam lubang yang tergenang air.

"Ini bukan jalan menuju kebun, tapi ini jalan lingkungan. Tapi kondisi jalan sudah lama rusak dan belum ada perbaikan sama sekali. Kita berharap pemerintah juga perhatikan jalan lingkungan di pelosok, jangan hanya fokus perbaikan wilayah perkotaan saja," katanya.

Tidak hanya mengeluhkan kondisi jalan yang rusak, minimnya penerangan jalan di wilayah tersebut juga menjadi keluhan masyarakat. Terutama penerangan jalan menuju pemukiman di Kelurahan Karang Jaya."Kita ingin selain jalan bagus juga ditunjang dengan fasilitas penerangan jalan yang memadai," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Prabumulih M Supi mengatakan, pihaknya telah menerima laporan rusaknya jalan lingkungan di Kelurahan Karang Jaya. "Namun karena anggaran terbatas, kami belum bisa melakukan perbaikan sebab ada jalan lain yang menjadi prioritas," ungkapnya. 

Meski begitu, usulan untuk dilakukan perbaikan tetap akan ditampung. "Nanti akan kita lihat apa bisa dianggarkan di Anggaran Belanja Tambahan (ABT) atau tidak," tandasnya. (Ichal)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi