Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Butet Kertaradjasa     Tanggal : 14 Mei 2018 14:16     Dibaca: 206 Pembaca

Tambah Unit Menara Api dan Fire Fighter

Simulasi pemadaman karhutla yang dilakukan Tim Fire Fighter APP Sinar Mas untuk meminimalisir karhutla jelang Asian Games, Senin (14/5).

Sungai Baung, Detik Sumsel- Ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi perhatian serius banyak pihak, terlebih pada Agustus 2018 diprediksi Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) akan masuk masa puncak musim kemarau dan pada waktu yang bersamaan Sumsel juga akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games. 

Meminimalisir ancaman karhutla tersebut, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas yang berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan memiliki lahan seluas 1.700 hektare atau sepertiga dari luas Kabupaten OKI akan menerapkan status siaga 1 yang mulai dilakukan pada Juni mendatang. 

"Siaga satu mulai Juni nanti, kita tambah 7 unit menara api tersebar di wilayah OKI dan Muba dan fire fighter (pemadam api, baca) ditambah sebanyak 300 personil. Jadi, total menara api ada 38 unit dan fire fighter ada seribu lebih," ungkap GM Fire Management APP Sinar Mas, Sujica Lusaka, Senin (14/5) di sela kegiatan Visit to Fire Management dan DMPA Sumsel. 

Lanjutnya, jelang Asian Games ini pihaknya menargetkan No Fire-No Haze. "Harapan kami dengan meningkatkan kesiagaan jelang Asian Games ini sekecil apapun titik api bisa terdeteksi dengan cepat dan diatasi secara maksimal," tuturnya. 

Hingga 2018 ini, APP Sinar Mas telah menginvestasikan lebih dari USD100 juta dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla. Ditambah investasi sekitar USD3,8 juta yang khusus dialokasikan guna persiapan jelang dan selama Asian Games berlangsung sepanjang Mei hingga Oktober mendatang.

“Khusus menghadapi musim kemarau dan Asian Games 2018,Key Performance Indicator (KPI)  terkait mitigasi bencana karhutla kami tingkatkan hingga dua kali lipat, sehingga diharapkan akan dua kali lebih efektif dalam mengurangi risiko kebakaran,” ungkap Sujica.

Sujica menambahkan, bahwa APP Sinar Mas juga terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan otoritas serta pemangku kepentingan terkait lainnya untuk mencegah sekaligus menanggulangi karhutla di wilayah sekitar operasi.

Kemudian, di setiap desa yang dianggap rawan kebakaran disediakan pos terintegrasi yang terdiri dari petugas gabungan, mulai Regu Pemadam Kebakaran (RPK), Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), BPBD, hingga TNI dan Polri. Dilengkapi dengan peralatan dan logistik, para petugas di pos ini fokus dalam sosialisasi pencegahan kebakaran kepada masyarakat sekitar.

"Untuk meningkatkan kemampuan fisik, mental, dan disiplin di lapangan, RPK APP Sinar Mas juga mengadakan latihan dengan pasukan elit TNI AD, Batalyon Infanteri Raider Kodam II Sriwijaya 
pada 6-15 Mei 2018 di Palembang," pungkasnya.(tet)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi