Diposting oleh : Iyan Ds     Tanggal : 18 Agustus 2017 18:43     Dibaca: 292 Pembaca

Target Naik Podium, Haikal Siap Taklukkan Sirkuit Tanjung Senai

Kemas Haikal

Ogan Ilir, Detik Sumsel-Pebalap Sumatera Selatan Kemas Haikal dari Fina Bosowa Rally Team menargetkan naik podium pada seri pertama Kejurnas Speed Rally dan seri ke-4 Kejurnas Sprint Rally di Sirkuit Tanjung Senai, Kabupaten Ogan Ilir yang akan dihelat 19-20 Agustus.

Meski sudah cukup lama tidak turun dilintasan rally, Haikal mengaku cukup optimis dapat bersaing dengan pebalap nasional dari tim lainnya seperti Bintang Otomotif, Speed Line Motorsport, GT Racing 4 Motorsport, Best Parkir Rally Team, BRM Motorsport dan lainnya pada nomor F1 sprint rally 1.300 cc yang akan diikutinya.

Turun menggunakan mobil Mitsubishi Mirage andalnnya, Kepala UPTD Parkir Dishub Kota Palembang ini mengungkapkan, target naik podium yang diusungnya cukup realistis karena pada ajang serupa 2008 lalu dirinya berhasil menduduki peringkat pertama di nomor yang sama. "Tentunya saya ingin menang, apalagi saya menjadi satu-satunya wakil dari tuan rumah, ," kata Haikal.

Bersama navigatornya, M Zaki, pria yang telh menggeluti rally sejak era 90 an ini berharap bisa melampaui top speed 120 km/jam yang pernah dicetak di arena Tanjung Senai. "Mudah-mudahan besok cuaca bagus dan tidak hujan, sehingga saya bisa memacu kemampuan sebaik-baiknya karena arena di Tanjung Senai ini sangat disukai pembalap," ucapnya.

Bukan hanya Haikal yang menyebut lintasan Tanjung Senai ini sangat memacu adrenalin pembalap. Ketua Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia Sadikin Aksa mengatakan beradu cepat di arena Tanjung Senai tidak pernah dilupakannya karena pernah menggeber speed hingga 200 km/jam di tikungan. Terutama saat melaju di lintasan lurus yang mencapai 4,5 km, bisa membuat pembalap dapat memacu kecepatan hingga top speed.

Sementara itu, 24 pereli dipastikan bertarung dalam Kejurnas Rally Indonesia di Sirkuit Tanjung Senai, Kabupaten Ogan Ilir. Pada hari pertama perlombaan, Sabtu (19/8) akan digelar kelas sprint yang dimulai pukul 09.00 WIB. Selanjutnya, Minggu (20/08) akan digelar kelas speed rally yang berlangsung sebanyak tiga special stage (SS) dengan tiga section, sekaligus menutup putaran pertama kejurnas rally.

Sejumlah pereli nasional seperti Primanaya Djan, Benny Lautan dan Ryan Nirwan dengan peringkat seeded A (unggulan) akan turun menjajal sirkuit yang dianggap sebagai terbaik di Indonesia tersebut. Panitia Perlombaan Bintoro menjelaskan, kesiapan untuk lomba telah mencapai 100 persen baik segi fasilitas maupun pengamanan.

"Semua pebalap telah melakukan tes lintasan dan tidak ada kendala. Perlombaan dinyatakan siap dilaksanakan," ungkapnya pada saat sesi press conference, Jumat (18/08). Dia menambahkan, usai menggelar seri pertama di Kabupaten Ogan Ilir akan dilanjutkan seri kedua di Makssar dan terakhir di Medan.

Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam mengimbau kepada warga Sumsel untuk menyaksikan langsung ajang rally nasional di kompleks perkantoran Pemkab Ogan Ilir. "Silakan nonton, tidak dipungut biaya alias gratis. Tapi saya berharap penonton dapat memperhatikan imbauan petugas di lapangan, agar tidak menggangu jalannya perlombaan," terang dia. (Iyop)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi