Diposting oleh : Chandra Adhitya     Tanggal : 01 Agustus 2017 17:04     Dibaca: 210 Pembaca

Target PAD Tidak Tercapai, Sekda Evaluasi Kinerja Instansi Terkait

Sekda Empat Lawang, Edison Jaya

Empat Lawang, Detik Sumsel – Untuk mengantisipasi tidak tercapainya target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Empat Lawang seperti yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir, Sekda Empat Lawang, Edison Jaya berjanji akan melakukan evaluasi agar target PAD bisa tercapai.
 
"Paling tinggi tahun ini tercapai Rp25 miliar, sedangkan target PAD tahun 2017 sekitar Rp35 miliar, kita akan evaluasi itu," ujar Edison, Selasa (01/08).
 
Ditambahkan Edison, ada beberapa sumber PAD yang berkurang dibanding tahun sebelumnya. Seperti titik galian C yang banyak berkurang, lalu retribusi kendaraan yang dilakukan Dinas Perhubungan sekarang tidak boleh lagi, kemudian izin gangguan (HO) tidak ada lagi, dan yang lainnya.
 
"Sumber PAD kita ini kan tidak terlalu banyak, itu-itu saja. Sedangkan ada beberapa sumber PAD yang hilang, namun kedepan akan kita evaluasi," katanya.
 
Menurut Edison, instansi yang bersangkutan yakni Badan Penggelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, lalu Dinas maupun badan dan kantor yang menggali sumber PAD harus lebih aktif dan kreatif dalam mencari PAD yang sah.
 
"Kedepan intansi terkait harus dapat mencari sumber yang lain. Seperti alat berat yang ada bisa saja disewakan, itu bisa menambah PAD kita. Kemudian Gedung Serba Guna (GSG) dan guest house akan dipihak ketiga kan," imbuhnya.
 
Faktor lainnya, lanjut Edison, Sumber Daya Manusia (SDM) diintasi yang bersangkutan kurang efektif dalam menggali sumber PAD dan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak harus lebih ditingkatkan. "Yang jelas banyak faktor penyebab tidak tercapainya target PAD, kedepan harus lebih baik dalam menggali sumber PAD," ucapnya.
 
Sementara itu Ketua Komisi III DPRD Empat Lawang, Darli mengatakan, permasalahan PAD selama ini ada di SDM di instasi terkait yakni Badan Penggelolaan Pajak dan Retribusi Daerah.

"SDM di Badan Penggelolaan Pajak dan Retribusi Daerah harus terjun langsung ke lapangan. Semisal galian C, harus benar-benar didata ada beberapa titik begitu juga sumber PAD yang lainnya," imbuhnya.
 
Dikatakannya, apabila petugas di intansi terkait benar-benar jemput bola mengenai sumber PAD, target akan dapat tercapai. "Intinya SDM di Badan Penggelolaan Pajak dan Retribusi Daerah juga harus di evaluasi," tegasnya.
 
Nantinya, kata Darli, semua sarana dan prasarana untuk petugas yang ke lapangan juga harus disiapkan. "Pemkab Empat Lawang dan anggota DPRD harus berkoordinasi dan menyiapkan untuk kendaraan petugas untuk ke lapangan," tandasnya (cha)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi