Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Dodi Chandra     Tanggal : 14 Desember 2017 18:10     Dibaca: 569 Pembaca

Tebu "Kampung Manis" Mulai Hasilkan Gula Merah

Camat Purwodadi, Jumakir mencoba mengaduk tebu yang akan dijadikan gula merah, Kamis (14/12/2017). (Foto:Dodi_Detiksumsel.com)

Tebu 'Kampung Manis' Mulai Diolah Menjadi Gula Merah

Musirawas, Detik Sumsel - Program kampung manis yang digelorakan oleh PKK Kabupaten Musi Rawas (Mura), nampaknya sudah membuahkan hasil. Seperti di Desa T1 Bangunsari dan U1 Pagersari Kecamatan Purwodadi, tebu ditanam beberapa bulan lalu saat ini sudah dimanfaatkan dan diolah menjadi gula merah.

"Saat ini tanaman tebu sudah mulai dimanfaatkan, ibu-ibu PKK Kecamatan maupun PKK Desa T1 Bangunsari dan U1 Pagersari  mulai belajar membuat gula merah. Walaupun hanya uji coba tapi hasilnya sudah cukup memuaskan," ujar Jumakir, Camat Purwodadi, Kamis, (14/12/2017).

Menurut ia, tebu yang diolah menjadi gula merah merupakan tebu yang sudah berbunga, atau tinggi kurang lebih dua meter. Karena jika tebu yang masih muda, tidak banyak mengandung kandungan gula. 

"Proses pembuatan cukup mudah, hanya saat ini yang masih kendala yakni alat untuk pemerasan sari tebu. Karena memang untuk alat belum ada, selain itu saat dimasak harus ditambah dengan gula merah sebagai pancingan atau istilahnya umaknya. Sehingga nantinya hasilnya akan lebih bagus," imbuhnya.

Tak hanya itu, mendukung Musi Rawas Sempurna yang produktif maka PKK Kecamatan Purwodadi bekerja sama dengan mambangun ekonomi kreatif dan memanfaatkan potensi yang ada dangan maksimal. Salah satunya di Desa S Kertosari sudah mempunyai olahan unggulan yakni selai coklat, dimana tanaman coklat di S Kertosari juga cukup banyak. 

"Ya mudah-mudahan dengan mampu menggali potensi seperti coklat maupun olahan lainnya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," pungkasnya.(awa)


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi