Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Fazds     Tanggal : 16 Mei 2018 18:32     Dibaca: 170 Pembaca

Tekad Kita Sumsel Harus Zero Asap

Danrem Gapo 004 Koloner Inf Budiman saat foto bersama seusai Apel Kesiapsiagaan Karhutla di Indralaya Ogan Ilir

Indralaya, Detik Sumsel - Sumatera Selatan harus zero asap, demi suksesnya pelaksanaan Asian Games tahun 2018 yang akan digelar di Kota Palembang. Untuk itu semua elemen masyarakat untuk bahu membahu agar kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi. 

"Tekad kita semua Sumsel harus zero asap, "kata Komandan Korem Garuda Dempo 004 Kolonel Budiman pada saat menjadi inspektur Apel kesiapsiagaan personil dan pelatihan kebakaran hutan dan lahan yang berlangsung dilapangan Desa Palemraya Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, Rabu (16/5).

Pada tanggal 21 Febuari 2018 terang Danrem, Gubernur H. Alex Noerdin sudah memerintahkan kesiapan mengantusipasi Kahutlah untuk ditindak lanjuti, karena tidak lama lagi akan menyambut even akbar tersebut.

Menurutnya selain mengantisipasi Karhutlah juga membuat rancangan konsep perintah operasi dalam mengatisipasi karhutlah dan sub-sub satgas sudah melaporkan kesiapannya masing-masing di setiap kabupaten.

" kita juga sudah melakukan langkah-langkah persiapan antisipasi karhutlah dan dikedepankan kepada satuan petugas hukum sebagai komponen utama dalam penangananya dan baru masuk ke komponen lainnya, sebab masih ada pelanggaran yang disengaja atau pun tidak disengaja oleh masyarakat dalam membakar lahan dan satuan petugas hukum sudah bekerja dalam melakukan pencegahan hingga saat ini belum berhenti dan sudah ditingkatkan sampai ke desa-desa,"terangnya

Dijelaskannya, ada 773 Desa di Sumsel ini yang sudah dianggap rawan kebakaran hutan dan lahan setengahnya lagi sebagai daerah lintasan anginnya ke Jakabaring.

"Menjadi kegiatan pokok kita dalam memandirikan masyarakat di desa tersebut dalam melakukan pencegahan karhutlah sehingga tidak ada yang mengganggu dalam perhelatan even akbar Asian Games, dibulan puasa nanti kita tetap meningkatkan kesiapan dalam pencegahan karhutlah hingga Asian games tersebut selesai dan akan berkoordinasi dengan BMKG untuk mengetahui titik-titik lookasi api agar cepat anggota satuan personil satgas dalam memadamkan api,"jelasnya.

Hal senanda pun juga dingkapkan oleh Bupati OI Ilyas Panji Alam mengatakan kegiatan ini merupakan kesiapan satgas melalui pemerintah dalam mengantisipasi Karhutlah dengan mengumpulkan pemerintah Desa yang tempatnya rawan kebakaran lahan dan hutan dikabupaten  Ogan Ilir.

"Dari apel kesiap siagaan ini semoga dapat mencegah karhutlah diwilayah OI yang berdekatan dengan kota palembang ini dapat dicegah sedini mungkin oleh petugas,"katanya

Dikatakan Bupati OI untuk persiapan alat-alat dalam mengatisipasi karhutlah semuanya sudah tercukupi dalam memadamkan api.

"Tetapi yang lebih penting lagi dengan melakukan patroli dan menyiapkan posko-posko yang nantinya akan ditepatkan di daerah rawan titik api agar satgas cepat dalam menanggulangi kebakaran, saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk ikut dalam menyukseskan asean games 2018 di kota palembang dengan tidak untuk membakar lahan dan hutan karena asap dari kebaran tersebut bisa mengganggu kelancaran asean games tersebut,"ungkapnya.

Sementara itu Kepala BB-TMC Tri Handoko Seto mengatakan ikut serta dalam membantu pencegahan karhutlah dengan melakukan membuat hujan buatan di daerah titik berpotensi rawan kebarakan lahan dan hutan.

"Pembuatan hujan buatan tersebut bertujuan untuk membasahi lahan-lahan yang kering agar tidak mudah terbakar dan dibakar, dan nantinya akan menurunkan satu pesawat dalam melakukan pembuatan hujan buatan dengan melihat eksalasi dan titik hot spot daerah yang rawan kering untuk melakukan hujan buatan dalam membasahi lahan dan tidak kemungkinan kita akan menambah pesawat kalau itu pun banyak titik hot spot yang daerah yang kering,"katanya. 

Pantauan detiksumsel kegiatan tersebut dihadiri Komandan Korem Garuda Dempo 004 Kolonel Budiman, Bupati OI Ilyas Panji Alam, Kapolres OI AKBP Gazali Ahmad, Dandim 04/02 Letkol Inf Septianizar, Manggala Agni, BPBD OI, BNPB Provinsi beserta setekholder lainnya dan tamu undangan. (AL).

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi