Diposting oleh : Erizal Wandi     Tanggal : 13 September 2017 18:42     Dibaca: 219 Pembaca

Tekan Korban Narkotika, BNN Prabumulih Gunakan Tiga Cara Ini

Kepala BNN Kota Prabumulih Ibnu Mundzakir SSos

Prabumulih, Detik Sumsel-Untuk menekan penyalahgunaan narkotika di wilayahnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Prabumulih memfokuskan upaya pencegahan melalui penyuluhan, sosialisasi hingga rehabilitasi terhadap korban penyalahgunaan narkoba.

Data yang berhasil dihimpun detiksumsel.com menyebutkan, sepanjang 2017 ini BNN Kota Prabumulih telah melakukan rehabilitasi terhadap 78 orang pengguna narkoba. Jumlah tersebut telah mengalami penurunan dibandingkan 2016 lalu yakni sebanyak 175 orang.

Kepala BNN Kota Prabumulih Ibnu Mundzakir mengatakan, meskipun secara angka mengalami penurunan, namun pihaknya tidak akan mengendurkan upaya pencegahan, untuk menekan jumlah korban lebih banyak lagi.

"Seperti yang saat ini sedang dijalani yaitu sosialisasi pengembangan kapasitas di lingkungan masyarakat. Kita merangkul seluruh elemen, mulai dari instansi pemerintah, swasta hingga masyarakat umum lainnya," ujar Ibnu kepada wartawan, Selasa (13/09).

Lebih jauh dijelaskannya, pasien rehabilitasi yang ditangani pihaknya berasal dari hasil tangkapan sebanyak enam orang, laporan pribadi 15 orang, sedangkan sisanya merupakan hasil razia.

"Mereka selanjutnya mengikuti pengobatan dengan cara menginap maupun menjalani rawat jalan. Adapun pasien yang dirawat di sejumlah panti rehabilitasi seperti Lido Bogor, RS Ernaldi Bahar, Kalianda, Yayasan Putra Selatan dan Rumah Damping terdiri dari 14 orang," bebernya.

Mengenai upaya pencegahan sendiri sambung Ibnu, tidak hanya ditekankan kepada masyarakat saja. Namun pihaknya juga akan menyisir hingga ke instansi pemerintah dan swasta. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya pegawai pemerintah yang juga menjadi korban penyalahgunaan narkoba.

"Begitu juga dengan lingkungan dunia pendidikan. Meskipun dengan keterbatasan anggaran namun kita akan tetap terus berupaya dalam memerangi narkoba. Karena narkoba adalah masalah dan musuh bersama. Untuk itu peran serta pemerintah daerah maupun masyarakat sangat kita harapkan," tandasnya. (Icha)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi