Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 08 Juni 2017 01:33     Dibaca: 112 Pembaca

Tekan Lakalantas, Satlantas Dan Diknas Kerjasama

Kerjasama pengintegrasian PLL kedalam Mapel PKN oleh Kasat Lantas dengan Kadisdikbud Kota Pagaralam

Pagaralam – Menumbuhkan disiplin siswa terhadap tata tertib berlalu lintas, kemarin (6/6) bertempat di ruang pertemuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pagaralam, Satlantas Polres Pagaralam menggelar kerja sama (MoU, red) dengan pihak dinas mengenai pengintegrasian pelajaran lalulintas (PLL) ke dalam mapel PKN.

“Kerja sama ini, tentang materi lalu lintas yang nantinya dimasukkan kepelajaran PKN, untuk diajarkan kepada murid di sekolah,” tutur Kapolres Pagaralam, AKBP Dwi Hartono melalui Kasat Lantas, AKP Zaldi.

Dimana pada kesempatan pertemuan tersebut sekaligus mensosialisasikan budaya tertib berlalulintas kepada guru sejkolah dasar, menengah dan atas. Lanjut Zaldi, melalui pelajaran berlalulintas (PLL) yang diintegerasikan kedalam mapel PKN ini sebagai langkah sadar berlalulintas dalam kehidupan sehari-hari.

“Pada kegiatan tersebut, kita juga menyampaikan materi memberikan materi mengenai etika berlalu lintas, yang dihadiri para guru PKN se Kota Pagaralam,” katanya seraya mengatakan dengan harapan ke depan PLL ini bisa diterapkan dan diajarkan kepada perserta didik di sekolah –sekolah.

Sementara, Kepala Disdikbud Kota Pagaralam, Drs Marjohan Derah MPd mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya kerjasama dengan pihak Satlantas Polres Pagaralam. “Nantinya, akan diterapkan pelajaran mengenai tata tertib berlalulintas ini kedalam mapel PKN,” katanya.

Lanjut Marjohan, untuk penerapannya jika tak ada halangan sesecepat mungkin diterapkan di sekolah-sekolah. “Akan diterapkan mulai ajaran baru,” katanya.

Dengan adanya kerjasama ini, harap Marjohan, bisa melatih kesadaran disiplin berlalu lintas sejak dini. Dengan kesadaran yang meningkat, kecelakaan akan menurun. Tak dipungkiri, anak usia dini sudah banyak ditemui berkendaraan di jalan raya dengan leluasa. Oleh karenanya, pelajaran PLL ini bisa memberikan pemahamanan kepada anak didik kita di sekolah.

“Tak terlepas dari itu, mengenai tertib berlalulintas di jalan raya ini juga perlu adanya dukungan dan pengawasan para walimurid atau peran orang tua di rumah,” pinta Marjohan. (gud)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi