Detik Sumsel Goes to Campus
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Wirangga     Tanggal : 31 Desember 2017 07:57     Dibaca: 261 Pembaca

Terkena Isu Difteri, Penjualan Terompet di Palembang Menurun

Erwin, salah satu penjual trompet di kawasan Jalan Kapten A. Rivai Palembang

Palembang, DetikSumsel- Isu Difteri yang dapat menular melalui air liur (ludah) berdampak signifikan bagi pedagang terompet musiman menjelang pergantian tahun. Tidak hanya berdampak pada omzet pedagang, tapi juga semarak pedagang tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya yang menjanjiri jalan dan sudut kota. 

Erwin (36), salah satu pedagang terompet musiman di Jl Kapt A Rivai mengaku tahun ini sangat sepi pembeli, bahkan sekedar bertanya saja pelanggam enggan. "Aneh, walaupun sepi pada tahun kemarin namun tak sesepi seperti tahun ini," kata Erwin. 

Pria yang kesehariannya bekerja sebagai buruh bangunan ini menduga isu difteri yang ramai di televisi menjadi salah satu penyebab turunnya penjualan hingga 80 persen dibanding tahun lalu. 

"Sepertinya masyarakat tahun ini takut terkena Difteri. Katanya sih penyakit itu bisa menular melalui percikan air ludah atau bakteri yang menempel pada terompet, entahlah," keluhnya sembari menyebutkan harga terompet sangat murah Rp10-20 ribu. 

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Letizia saat dikonfirmasi mengatakan, kekhawatiran masyarakat bukanlah tanpa alasan. Pasalnta, penularan Difteri sangatlah mudah melalui percikkan ludah, batuk atau bersin serta kontak langsung dengan permukaan kulit dan kontak dengan benda-benda yg terkena kuman.

"Difteri bisa membuat bakteri tersebut hinggap di dalam tubuh, tidak menutup kemungkinan melalui terompet jika sebelumnya sudah ditiup orang pengidap difteri," katanya. 

Ia mengajak, kerjasama semua eleman masyarakat dalam melawan penyakit difteri ini walaupun kota Palembang dalam keadaan aman terhadap penyakit ini. 

"Bisa jadi kurangnya peminat trompet tahun baru disebabkan karena ingin mencegah penularan penyakit Difteri tersebut," pungkasnga. (Wira)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi