Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 12 Juli 2017 21:15     Dibaca: 198 Pembaca

Tersangka BAZ Dijerat Pasal Berlapis

Foto Istimewa

Pagaralam, Detik Sumsel - Empat bendahara di lingkungan satker Pemkot Pagaralam yang dilakukan penahanan, terancam dijerat pasal berlapis. Hal ini dikatakan  Kapolres Pagaralam, AKBP Dwi Hartono SIK MH, didampingi Kasat Reskrim, AKP Rahmat Kusnedi, melalui Kanit Tipidkor, Bripka Candra Utama.

“Ada tiga pasal hukum yang menjerat masing-masing tersangka, yaitu pasal  2 ayat 1, pasal 3 dan pasal 8 UU RI No 31 tahun 1999 jonto UU No 20 tahun 2001, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi,” ujar Chandra.

Dia juga menyebutkan, adapun masing-masing pasal hukum yang menjerat para tersangka, dengan ancaman hukuman yang berbeda mulai dari dari minimal satu tahun, dan minimal lima tahun dengan maksimal seumur hidup. “Namun, untuk kepastian kita lihat saja di keputusan pengadilan,” katanya.

Disinggung mengenai pelimpahan kasus bendahara yang menggelapkan BAZ ke jaksa (Kejari,red), saat ini belum dilakukan tahap 2 atau pelimpahan. Yang saat ini masih statsunya tahanan penyidik tipikor Polres Pagaralam. “Namun, secepatnya tahap 2, kita limpahkan ke jaksa,” ujar Chandra menegaskan bahwa berkas kasus korupsi dana zakat ini sudah lengkap.

Diberitakan sebelumnya, keempat PNS menjabat bendahara gaji dalam kasus tindak pidana korupsi dana zakat, SW (54), bendahara di Satuan Pol PP, LG (53), bendahara Dinas Pekerjaan Umum, LS (43), bendahara di Kantor Camat Pagaralam Utara, dan MK, Bendahara Dinas Peternakan dan Perikanan. Mereka dilakukan penahanan setelah memenuhi panggilan pemeriksaan pada Senin (10/7).

Indikasi korupsi uang setoran zakat pegawai di masing masing satker yang dilakukan para tersangka, bervariasi tahun terjadinya. Seperti yang dilakukan SW, terindikasi melakukan penyimpangan dana Bazda, mulai 2005 hingga 2009. Tersangka LG, terindikasi melakukan penyimpangan setoran zakat pegawai mulai 2004 hingga 2009, kemudian tersangka MK, sedangkan LS terindikasi penyimpangan aliran uang zakat pegawai mulai 2004 hingga 2014.(gud)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi