Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Rendi     Tanggal : 10 Juli 2018 08:30     Dibaca: 221 Pembaca

Tidak Pakai Helem, Siap-siap DItilang

Anggota Satlantas Polres Pagaralam Saat Melakukan Penindakan Kepada Pengendara yang Melanggar Lalu Lintas.

Pagar Alam, Detik Sumsel- Untuk menekan angka kecelakaan lalulintas di jalan raya, jajaran Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pagar Alam dan Tim Patroli Rimau mengingatkan,  agar  semua pengendara sepeda motor harus menggunakan helm.

Kapolres Pagar Alam AKBP Dwi Hartono SIK MH melalui Kasatlantas AKP Ida Kade Damiana menegaskan, pihaknya tidak segan-segan melakukan penindakan terhadap pengguna kendaraan roda dua yang tidak memakai helm. Penindakan tegas yang akan diberikan yakni berupa tilang.

Menurutnya, dalam jumlah kasus kecelakaan sepeda motor, korban yang mengalami luka berat ataupun tewas pada umumnya banyak yang tidak menggunakan helm sebagai pelindung pada saat mengendarai sepeda motor.

"Helm merupakan pengaman bagi pengendara. Kalau ada warga yang memakai pengaman seperti helm saat mengendarai sepeda motor akan kami tindak tegas sesuai aturan yang berlaku,"katanya, saat ditemui.

Kasatlantas mengharapkan, seluruh pengguna kendaraan yang ada di wilayah hukum Polres Pagar Alam. Pentingnya menggunakan helm bagi keselamatan berkendara di jalan raya.  Banyak korban kecelakaan lalu lintas yang meninggal sia-sia di jalan raya hanya lantaran tidak menggunakan helm saat berkendara.

Di samping itu, lanjutnya pihaknya juga mengingatkan remaja usia belasan tahun yang kerap melakukan aksi balapan liar (bali) di kawasan Kota Pagar Alam untuk tidak melakukan aksinya. Karena selama ini apa yang dilakukan mereka sudah sangat meresahkan warga terutama di jalan keban agung kota pagar alam.

Dikatakannya, selama ini pihaknya sudah kerap melakukan penindakan dan himbauan untuk memakai helm saat berkendara. Namun para pengendara itu masih saja membandel 

"Kami minta peran orang tua sangat diperlukan untuk mengatasi anak - anak dibawah umur yang tidak memakai helm dan menggunakan kendaraan bermotor, Jangan salahkan petugas kalau melakukan penindakan tegas. Kepedulian orang tua sangat dibutuhkan untuk mengatasi itu semua," harapnya.

Untuk itu, lanjutnya, petugas meminta peran aktif orang tua sangat diharapkan mengawasi anaknya. Selama ini, pengawasan terhadap remaja itu terkesan dibiarkan.

"Salah satu contoh anak-anak muda itu sering nongkrong hingga larut malam. Apakah orang tuanya tidak menyadari kemana anaknya hingga larut malam tidak pulang,"terangnya. (rendi)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi