Detik Sumsel Goes to Campus
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Heru Senovlan     Tanggal : 03 Oktober 2017 18:03     Dibaca: 446 Pembaca

Tiga Partai Baru Daftar di KPU Lahat

Ketua KPU Lahat, Syamsulrizal Nusir Bsc, saat menyampaikan tata cara pendaftaran dan verifikasi parpol

Lahat, Detik Sumsel - Kapala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lahat, Surya Desman SIP MM menerangkan, setidaknya ada tiga partai politik (parpol) baru yang terdaftar dipihaknya. Diantaranya, DPD Partai Republik. DPD Partai Berkarya, dan DPC Partai Islam Damain Aman (Idaman). 

"Tiga partai itu sudah terdaftar sejak tahun 2016, 2017, dan sudah memiliki susunan kepengurusan partai," terang Surya Desman, Selasa (3/10/2017).

Lanjutnya, sesuai surat Kemendagri melalui Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, No 310/1520/POLPUM, perihal surat keterangan bagi parpol yang telah melaporkan kepengurusan di provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan. SK terdaftarnya partai, dibutuhkan sebagai syarat agar dapat ikut verifikasi faktual pemilu legislatif tahun 2019.

"Kesbangpol semata membuat SK. Menyatakan tiga parpol baru ini ada di Lahat, disamping ada juga di tingkat provinsi maupun pusat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Lahat, Syamsulrizal Nusir Bsc menuturkan, keberadaan parpol peserta pemilu harus ada susunan kepengurusan ditingkat provinsi. 70 persen kepengurusan, harus ada ditingkat kabupaten/kota. Serta 50 persen kepengurusan, sudah terbentuk ditingkat kecamatan.

"Saat verifiksi faktual, parpol akan diminta menyerahkan dokumen bukti keanggotaan partai, berupa salinan KTP elektronik anggota. Kalau terbukti ada kepengurusan ganda, yang bersangkutan harus memilih mau masuk partai mana," tutur Syamsulrizal. (Heru)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi