Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Puji     Tanggal : 12 Juli 2018 17:13     Dibaca: 118 Pembaca

Tiga Pelaku Pencurian Kabel Listrik Untuk Suport Venue Asian Games Diringkus

Kasubdit III Jatanras Ditreskrium Polda Sumsel AKBP Yoga Baskara Jaya saat menghadirkan tiga pelaku pencurian kabel

Palembang, Detik Sumsel -- Subdit III Jatanras Polda Sumsel meringkus tiga pelaku pencurian kabel listrik milik perusahaan Sub kontraktor PLN yang berada dikawasan Banyuasin Selasa (10/7). Ketiganya masing-masing Zainudin, Bambang dan Andreas Eskoba. Ketiga pelaku adalah warga Talang Kramat, Banyuasin. 

Diketahui kabel yang dicuri oleh ketiga pelaku untuk suport listrik venue Asian Games di Jakabaring Sport City (JSC), yang menyebabkan perusahaan mengalami kerugian mencapai 600 juta dari total sepanjang 400 meter kabel yang sudah mereka curi.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel, AKBP Yoga Baskara Jaya mengatakan otak pelaku pencurian kabel ini diotaki salah satu pelaku Zainudin yang tak lain penjaga malam diperusahaan tempat kabel yang mereka curi sedangkan pelaku Bambang sebagai eksekutor dan Andreas Eskoba bertugas mengamati lokasi.

"Salah satu pelaku pencurian adalah petugas menjaga keamanan digudang perusahaan. Ketiganya tidak tahu kalau kabel yang mereka curi untuk mensuport listrik venue Asian Games di JSC," kata Yoga saat pre rilis di Mapolda Sumsel, Kamis (12/7).

Dikatakam Yoga, kasus ini mulai terungkap setelah adanya laporan dari pihak perusahaan telah kehilangan kabel miliknya dan berdasarkan keterangan orang dalam perusahaan yang terlibat dalam aksi pencurian kabel adalah petugas penjaga keamanan perusahaan itu sendiri.

"Kabel dicuri secara bertahap sejak 6 Juni 2018 sepanjang empat ratus meter kabel yang berhasil dicuri oleh tiga pelaku,"bebernya.

Sementara itu, Zainudin mengaku nekat mencuri kabel karna tergiur harga tinggi. Apalagi kabel listrik di gudang itu belum dipasang dan masih dalam pengerjaan secara bertahap. 

"Kabel ini rencananya mau ditanamkan di tanah secara bertahap. Karena harga tinggi kami berani ambil, apalagi belum beresiko karena belum ada arus," kata pria yang akrab disapa Zai ini. 

Atas perbuatanya, para pelaku kini harus mendekam di sel tahanan Polda Sumsel. Para pelaku terancam Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara. (oji) 

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi