Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : DP     Tanggal : 19 Mei 2017 08:55     Dibaca: 374 Pembaca

Tiga Tips Rawat Smartphone Non-Removable Battery

Ilustrasi smartphone dengan non removable battery (Istimewa)

DETIK SUMSEL - Seiring perkembangan teknologi, semakin banyak smartphone dengan baterai non-removable (baterai yang tak bisa dilepas) atau desain unibody yang membanjiri pasar. Karena mengganti baterai smartphone unibody tidak mudah, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan pengguna agar perangkatnya tetap awet.

Sejumlah pengguna bisa dibilang tidak terlalu memperhatikan perawatan smartphone. Padahal, hal itu sangat penting, termasuk untuk membuat baterai tetap awet.

Jika kalian bingung cara merawat baterai smartphone unibody, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Berikut beberapa tipsnya:

1. Batasi penggunaan dan perhatian daya baterai

Jangan sering menggunakan smartphone untuk bermain game. Karena game secara langsung memengaruhi daya baterai smartphone. Apalagi banyak pengguna yang bermain gim sekaligus sambil mengisi daya baterai secara bersamaan.

Selain itu, jangan terlalu sering mengisi daya baterai setiap hari. Usahakan satu hari, satu kali mengisi daya. Daya baterai smartphone jenis ini sudah dibekali kapasitas baterai yang besar. Jika dalam sehari mengisi daya sebanyak tiga kali atau lebih, maka kekuatannya akan berkurang secara cepat dan baterai tidak akan bertahan lama.

2. Batasi Penggunaan WiFi dan GPS

Jika sedang tidak menggunakan internet, usahakan matikan WiFi atau data selular pada smartphone. Membiarkan WiFi atau data selular tetap aktif, akan membuat smartphone bekerja secara terus-menerus dan memengaruhi daya tahan baterai.

Penggunaan GPS sering menyebabkan baterai smartphone cepat habis. Apalagi jika membiarkan GPS aktif terus-menerus tanpa digunakan. Ada baiknya GPS diaktifkan, hanya ketika sedang dibutuhkan saja.

3. Pakai aplikasi pihak ketiga

Kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat baterai awet. Salah satunya adalah menggunakan Battery Callibration, yang dinilai sangat membantu dalam menghemat daya baterai. Aplikasi ini akan berjalan secara maksimal jika smartphone sudah dalam keadaan root.  (net) 

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi