Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Puji     Tanggal : 28 Juni 2018 00:00     Dibaca: 696 Pembaca

Tim Advokasi Sarimuda Rozak Temukan 22 Kotak Suara di Kelurahan 10 Ilir Telah Dibuka

Tim Advokasi Sarimuda Rozak saat menunjukkan kotak suara yang telah dibuka di kantor Lurah 10 Ilir

Palembang, Detik Sumsel -- Tim pemantau pemenangan Sarimuda - Rozak menemukan 22 kotak suara yang terdiri dari 11 kotak suara Walikota Palembang dan 11 Gubernur Sumsel telah dibuka tanpa disaksikan oleh saksi dari pasangan calon di Kantor Kelurahan 10 Ilir, Kecamatan IT III, Jalan Slamet Riyadi Rabu (27/6/) sekitar pukul 16.00.

Tim advokasi Sarimuda - Rozak Rizki Saputra mengatakan kotak suara seharusnya dibuka melalui Pleno tingkat PPK ini, dan ini buka oleh PPL dengan alasan ingin mengambil formulir C1KWK. Tapi saat dibuka tidak ada saksi dan belum dibuat berita acara pembukaan kotak suara.

"Sebanyak 22 kotak suara yang telah dibuka diwilayah Kelurahan 10 Ilir, tapi sudah ditutup lagi. Ada dua kotak yang belum ditutup sebagai barang bukti masing-masing satu kotak suara Palembang dan Gubernur," jelasnya.

Menurut Riski, seharusnya yang boleh membuka kotak suara adalah PPK, tapi yang membuka petugas PPL. "Apapun alasannya termasuk mengambil Formulir C1 itu tidak dibolehkan,"jelasnya.

Sementara itu, Husnawati petugas PPLmengaku alasannya membuka kotak suara hanya untuk mengambil formulir C1 yang ada di dalam kotak, karena petugas KPPS yang meletakkannya. Akhirnya sebelum sampai di PPK dibuka dan dihadiri saksi-saksi, namun tidak ada berita acara,setelah telah kejadian baru buat berita acara.

"Ya memang sudah disetujui tapi belum dibuat berita acara keburu dibuka," ujarnya.

Menurutnya, kotak suara tersebut telah dimasukan C1KWK, dan pihaknya akan mengambil dari KPPS.(oji)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi