Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Erizal Wandi     Tanggal : 29 September 2017 16:58     Dibaca: 546 Pembaca

Tingkatkan Mutu Sapi, Distan Prabumulih Lakukan Inseminasi Buatan

Petugas peternakan saat melakukan proses inseminasi buatan terhadap hewan ternak sapi

Prabumulih, Detik Sumsel - Guna menghasilkan bibit sapi unggulan, sejumlah sapi milik peternak di Kota Prabumulih menjalani program inseminasi buatan (IB) atau yang lebih dikenal kawin suntik. Melalui inseminasi buatan ini diharapkan sapi betina dapat melahirkan anak-anak sapi yang bermutu.

Kepala Dinas Pertanian Drs Syamsurizal SP MSi melalui Kabid Peternakan drh Hj Nora Gustina menuturkan, program inseminasi buatan tersebut lebih digencarkan pihaknya terhadap wilayah-wilayah yang memiliki banyak hewan ternak sapi betina. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan mutu bibit sapi yang nantinya akan dilahirkan oleh induk sapi.

"Sebelumnya kita sudah lakukan survei lapangan untuk menjalankan program inseminasi ini. Program inseminasi ini dinilai perlu dilakukan lantaran jumlah hewan ternak sapi jantan mulai berkurang. Kalau pun ada hasil pembuahannya kurang bagus," ujar Nora, Jumat (29/9).

Bibit sapi pejantan unggul yang disuntikan kepada hewan ternak sapi betina berasal dari BIB Singosari atau BIB Lembang. Prosesnya juga aman, dan lebih mudah kemudian penularan penyakit juga dapat dihindari karena proses kawin tidak langsung mengawinkan antara sapi jantan dan sapi betina. Bibit sapi pejantan unggul tersebut disuntikan ke dalam rahim sapi betina.

"Selama proses berjalan kita akan lakukan pemantauan terus. Melalui program inseminasi ini sudah banyak yang berhasil. Tentunya selain mendapatkan keturunan sapi yang sehat dan unggul juga menguntungkan bagi para peternak sapi yang ada di Kota Prabumulih," tandasnya. (Ichal)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi