Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Maya     Tanggal : 12 Juli 2018 19:52     Dibaca: 75 Pembaca

Tingkatkan Pioner Sampah, Refinery Unit III Gelar Pelatihan

Suasana pelatihan bank sampah di Seroja Sungai Gerong.

Palembang, Detik Sumsel - Pertamina Refinery Unit III kembali melanjutkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Sampah Patratura dengan mengadakan Pelatihan Manajamen Bank Sampah Patratura, di Bale-Bale Bank Sampah Seroja, Sungai Gerong, Banyuasin.

Pelatihan manajemen bank sampah ini dilakukan selama tiga hari ini bertujuan meningkatkan kompetensi, kreativitas, dan hasil bagi masyarakat yang sudah tergabung dalam Bank Sampah Patratura RU III.

Pelatihan manajemen bank sampah ini mendatangkan praktisi yang sudah lebih dahulu berkecimpung dalam urusan bank sampah, yakni perwakilan dari Bank Sampah Kota Malang. Hadir dalam kesempatan ini adalah empat orang pionir bank sampah di Kota Malang, antara lain Kartika, Direktur Bank Sampah Malang, Rahmat, pendiri dan pembina bank sampah pertama di Malang.

"Tentu kami sangat mengapresiasi undangan untuk berbagi ilmu dengan pionir bank sampah di Sungai Gerong. Ini membuktikan dengan manajemen yang baik sampah pun bisa menjadi berkah," ujar Kartika.

Saat ini, sekitar 1500 pelatihan manajemen bank sampah ini mendatangkan praktisi yang sudah lebih dahulu berkecimpung dalam urusan bank sampah, yakni perwakilan dari Bank Sampah Kota Malang. Hadir dalam kesempatan ini adalah empat orang pionir bank sampah di Kota Malang, antara lain Kartika, Direktur Bank Sampah Malang, Rahmat, pendiri dan pembina bank sampah pertama di Malang, serta dua orang pionir lainnya Teguh dan Eri.

Melalui mekanisme bagi hasil keuntungan penjualan, setiap nasabah kira-kira bisa mendapatkan Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu per setiap penjualan sampah.

Bank Sampah Patratura juga sudah mengolah sampah menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomis seperti pupuk organik dan kerajinan eceng gondok. Untuk pupuk organik misalkan, dari 4 Bank Sampah Patratura sudah terkumpul hingga 527 kg untuk yang padat, sedangkan untuk yang cair hingga 573 kg hasil dari olahan sampah rumah tangga.

"Kami sangat senang ketika mengetahui akan diadakan pelatihan manajemen bank sampah. Harapannya semoga dengan adanya pelatihan ini, pengetahuan dan kreativitas kami akan meningkat, karena kami sudah dibagi pengetahuan tentang berbagai teknik manajemen dan pengelolaan sampah," ungkapnya, Ketua Bank Sampah Seroja, Marwan, Kamis (12/07).

Sementara itu, General Manager RU III Plaju, Yosua I M Nababan berharap pelatihan ini akan membawa manfaat baik bagi Pertamina dan pemberdayaan masyarakat yang tergabung di Bank Sampah Patratura RU III.
 
"Semoga dengan adanya pelatihan ini, pionir bank sampah binaan Patratura RU III bisa lebih baik lagi dalam mengelola bank sampah dan juga dalam berkreasi sehingga sampah yang dikelola ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional RU III," jelasnya. (May)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi