Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Butet Kertaradjasa     Tanggal : 29 Desember 2016 18:50     Dibaca: 436 Pembaca

Tingkatkan Sektor Pertanian, Pemerintah Cetak Tiga Ribu Hektar Sawah

Plt Kepala Bapeda Empat Lawang, Peterson Oki Bial.

Empat Lawang, Detik Sumsel– Sektor pertanian merupakan sektor unggulan Empat Lawang yang harus dipertahankan. Masyarakat yang mayoritas bekerja sebagai petani menggantungkan hidupnya dengan hasi pertanian, baik itu padi, durian, duku, hingga hasil pertanian lainnya.
 
Khusus di Kecamatan Tebing Tinggi, sebelumnya masyarakat mengeluh dengan tingginya hara pupuk yang tidak sebanding dengan serangan hama yang cukup tinggi, kemudian hasin panen padi pun berkurang.
 
Untuk mencapai sebagai salah satu daerah lumbung padi, Pemerintah Kabupaten Empat Lawang akan mencetak sawah seluas 3000 hektar pada Tahun 2017.
 
Plt Kepala Bapeda Empat Lawang, Peterson Oki Bial mengatakan cetak lahan sawah ini di kawasan irigasi Lintang kiri Kecamatan Muara Pinang dan Kecamatan Lintang kanan akan dikerjakan bertahap dimulai 2017 mendatang. “Rencana akan dilakukan secara bertahap pada tahun 2017 mendatangm Kamis (29/12)
 
Pelaksanaanya tidak hanya Bapeda sebagai perencana juga menurutnya melibatkan instansi terkait seperti pertanian maupun pengairan."Saat ini baru tahapan Running test irigasi, mencoba penyaluran air sampai sejauh mana mengairi lahan persawahan," ungkap Peterson Okki Bial.
 
Dikatakan Peterson hal ini merupakan penerapan grand stretegy pemerintah Empatlawang ke empat, selain pembangunan Sumber Daya Alam(SDA), pembanguna sumberdaya Aparur Sipil Negara dan pembangunan desa.
 
Tidak hanya itu ia menambahkan saat ini telah mulai pendatan lahan yang akan dicetak sawah milik warga di tingkat desa. "Kemungkinan Irigasi lintang kiri berkemampuan mengairi sekitat 3000 hektar," katanya. (cha)


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi