Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh :     Tanggal : 09 November 2017 23:39     Dibaca: 314 Pembaca

TP PKK Edukasi Siswa SD Rumah Pangan Lestari di Sekolah

Ketua TP PKK Hj Yetti Oktarina menanam tanaman sehat di polibek di salah satu Sekolah Dasar (SD) Kota Lubuklinggau

Lubuklinggau, Detik Sumsel-Pemerintah Kota Lubuklinggau melalui Dinas Ketahanan Pangan mensosialisasikan pembuatan model kawasan rumah pangan lestari di sekolah.

Ketua TP PKK Kota Lubuklinggau, Yetti Oktarina Prana yang hadir sebagai narasumber, memberikan materi tentang pendidikan secara dini mengenai pemanfaatan perkarangan, untuk pemenuhan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal.

“Kita mengedukasi sedini mungkin kepada anak dan juga nantinya untuk para ibu. Bahwa tidak hanya ubi, kentang dan jagung yang bisa menjadi pengganti nasi sebagai karbohidrat.
Akibatnya banyak penyakit yang timbul karena pola makan yang terlanjur salah,"paparnya.

Menurut isteri Walikota H SN Prana Putra Sohe ini, pola makan yang terlanjur salah ini, nantinya harus dirubah dari sekarang Karena telah menjadi polemik dan masalah yang harus diatasi.

Dalam materi yang disampaikannya, ada berbagai macam vitamin yang dibutuhkan tubuh manusia beserta fungsi dan akibat apabila kekurangan vitamin tersebut.

“Vitamin A yang baik untuk mata. Apabila kekurangan, maka akan rentan terkena rabun senja dan kulit kasar. Kekurangan vitamin B1 menimbulkan penyakit beri-beri dan gangguan saraf, kekurangan vitamin B2 Akan rentan gangguan pertumbuhan dan gangguan kulit. Kurang Vitamin B6 menimbulkan dermatis dan gangguan saraf,” terangnya.

Selanjutnya, seseorang bisa terkena anemia apabila kekurangan vitamin B12. Kurang vitamin C akan menyebabkan sariawan, gangguan jaringan ikat dan skorbut. 

Sementara, gangguan tulang akan terjadi apabila kekurangan vitamin D. Kurang Vitamin E menyebabkan mudah rusaknya sel darah merah, serta apabila terluka sulit disembuhkan artinya kekurangan vitamin K.

Makanan yang di konsumsi terdiri dari sumber zat pembangun seperti kacang, pangan hewani, sumber zat pengatur seperti sayur dan buah. Sementara, sumber tenaga yakni padi-padian, umbi-umbian dan tepung.

Dia juga mengenalkan lemak baik seperti dari alpukat, kacang-kacangan dan ikan serta lemak jahat yang berasal dari cake, kerupuk, makanan instan lainnya. (ffa)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi