Diposting oleh : Erizal Wandi     Tanggal : 13 September 2017 19:10     Dibaca: 55 Pembaca

Tugu Air Mancur Prabumulih di Sulap Jadi Pusat Oleh-oleh dan Produk UMKM

Walikota Ridho Yahya bersama unsur Muspida meresmikan toko Pusat Oleh-oleh khas Kota Prabumulih, Rabu (13/09)

Prabumulih, Detik Sumsel-Dalam upaya menunjang peningkatan produktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pemerintah Kota Prabumulih memfasilitasi sarana pemasaran dengan membuka pusat oleh-oleh khas Kota Prabumulih.

Bertempat di Jalan Jendral Sudirman, tepatnya di depan Tugu Air Mancur, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, pusat oleh-oleh khas Kota Prabumulih ini diharapkan bisa menjadi sarana atau wadah promosi bagi kelompok UMKM dalam memasarkan produk-produk yang dihasilkan.

Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah lama untuk mencarikan lokasi yang strategis dalam membuka pusat oleh-oleh khas Kota Prabumulih. Mengingat sejauh ini dalam hal pemasaran produk yang dihasilkan oleh UMKM masih belum berjalan dengan baik lantaran terkendala anggaran.

"Sebelumnya pusat oleh-oleh ini belum memiliki lokasi yang tetap. Nah sekarang dengan adanya tiga ruko dan lokasi yang strategis diharapkan pusat oleh-oleh ini bisa membantu kelompok UMKM dalam mempromosikan dan memasarkan produk mereka," ujar Ridho Yaya usai meresmikan pusat oleh-oleh khas Kota Prabumulih, Selasa (13/9).

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Nanas ini menjelaskan, pihaknya telah berusaha dalam hal melakukan pembinaan terhadap UMKM. Dengan tujuan untuk melahirkan para pelaku wirausaha yang kreatif dan mandiri serta mampu berdaya saing dengan pelaku usaha lainnya.

"Namun hal tersebut tidak cukup dengan hanya mengembangkan Sumber Daya Manusia. Tentunya kita juga harus perhatikan bagaimana agar produk yang mereka hasilkan bisa dipasarkan dan dikenal oleh masyarakat," terangnya.

Melalui pembinaan dan pengembangan UMKM, dirinya berharap UMKM juga dapat mendukung penyerapan lapangan kerja serta menghadapi persaingan ekonomi global.

"Dengan adanya pusat oleh-oleh ini kita berharap akan lahir inovasi-inovasi baru dalam hal menciptakan kreasi produksi lainnya. Khususnya dalam hal mengolah olahan nanas, produk makanan ringan, produk kerajinan tangan, produk daur ulang dan lain-lainnya," imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua TP PKK Kota Prabumulih, Ir Suryanti Ngesti Rahayu Ridho yang mengatakan jika pusat oleh-oleh tersebut tidak hanya memfasilitasi produk UMKM, namun juga produk-produk binaan PKK, Dekranasda, BUMD dan BUMN.

"Banyak produk yang bisa dipasarkan di pusat oleh-oleh ini. Begitu juga dengan produk home industri. Kita ingin Prabumulih tidak hanya dikenal sebagai daerah penghasil minyak saja namun kita juga memiliki panganan khas yang tentunya tidak semua daerah memilikinya," tandasnya. (Ichal)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi