Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Iyop DS     Tanggal : 19 April 2018 19:46     Dibaca: 273 Pembaca

UKM di Sumsel Masih Bisa Manfaatkan Momen Asian Games

Wakil Ketua KOI Muddai Madang (Foto istimewa)

Palembang, Detik Sumsel-Wakil Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI) Muddai Madang mengungkapkan, masyarakat Sumatera Selatan khususnya di Kota Palembang terutama yang memiliki usaha kecil menengah (UKM). Masih bisa memanfaatkan momentum, selama pelaksanaan Asian Games 18 September mendatang.  

Menurut dia, meskipun hingga saat ini INASOC selaku panitia pelaksana turnamen multi even tertinggi di kawasan Asia tersebut, melarang penggunaan logo tanpa adanya izin. Namun mantan Ketua KONI Sumsel ini mengatakan, pelaku UKM di Sumsel tidak perlu berkecil hati.

"Pelaku UKM masih bisa membuat souvenir, maupun buah tangan dengan menonjolkan ciri khas lokal. Tanpa harus menggunakan logo maupun maskot Asian Games,"ungkapnya. 

Dia melanjutkan, pihaknya sebetulnya sudah pernah mengusulkan beberapa kali kepada Inasgoc, agar masyarakat diberikan keleluasaan untuk menggunakan logo Asian Games. Karena tujuannya untuk sosialisasikan Asian Games.

“Kalau saya pribadi cenderung membolehkan. Tapi sampai sekarang permohonan itu belum disetujui, karena memang ada aturannya,"lanjutnya. 

Sebab menurut dia, meskipun logo itu dibuat oleh Indonesia selaku tuan rumah. Tapi kepemilikan properti logo ini menurut aturan merupakan milik OCA (Olympic Council of Asia). 

"Sehingga kalau kita ingin menggunakan logo Asian Games di luar Asian Games seperti UMKM harus minta izin ke OCA,” jelas Muddai.

Senada diungkapkan, Koordinator Bidang Promosi INASOC Nirmala Dewi. Sebagai tuan rumah, alangkah baiknya masyarakat Sumsel khususnya pelaku UKM di Palembang lebih mempromosikan ciri khas daerah seperti songket, jumputan dan kearifan lokal lainnya selama Asian Games.
 
“Kita mengundang ribuan orang untuk datang ke Indonesia dari 45 negara selama penyelenggaraan Asian Games. Jadikan kesempatan itu sebagai ajang mempromosikan produk lokal kita, agar bisa lebih dikenal dunia,"ajaknya. 

Rencananya dalam waktu dekat, lanjut Cek Wi, sapaan akrabnya. Gubernur Sumsel dan Inasgoc akan menggelar sosialisasi kepada seluruh UKM yang ada di Sumsel. Mengenai bagaimana agar UKM bisa tetap memanfaatkan dan mengambil bagian dalam Asian Games.

"Tapi tentunya UKM harus mengikuti standar tertentu yang berlaku secara  internasional, baik itu dalam kemasan maupun lainnya. Sehingga bisa membuat wisatawan tertarik," harapnya. (iyop)


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi