Diposting oleh : Fazds     Tanggal : 13 Maret 2017 19:49     Dibaca: 244 Pembaca

Untung OTT, Awak Media Sumringah JalinKerjasama Dengan Kominfo

Suasana rapat dan penandatangan kerjasama Diskominfo Banyuasin dengan pimpinan Media

Banyuasin,Detiksumsel - Sebanyak 83 media cetak,elektronik,online dan radio yang memenuhi persyaratan Senin (13/3/2017) menandatangani kerjasama publikasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuasin.

Kerjasama yang terbuka ini disambut antusias oleh awak media dan ini merupakan kehendak Wakil Bupati Banyuasin selaku Plt Bupati Banyuasin Ir SA Supriono MM yang membuka ruang seluas-luasnya bagi media profesional untuk menjalin kerjasama publikasi.

Kondisi ini tentu berbanding terbalik semasa kepemimpinan Bupati Yan Anton Ferdian dengan plt Kabag Humas dan Protokol Robby Sandes, dimana kran kerjasama ini hanya beberapa media saja dan berujung kurang harmonisnya dengan awak media.

Dalam sejarah berdirinya Kabupaten Banyuasin, masa kepemimpinan YAF inilah ada wartawan yang melakukan aksi unjukrasa sebagai bentuk protes atas kebijakan yang tidak bersahabat dengan pers.

 "Untung ado OTT, kito pacak jalin Kerjasamo cak ini,"kata sejumlah wartawan seusai penandatangan kerjasama dengan Dinas Kominfo Banyuasin.

"Terimo kasih pak Supriono, Mugolah pejabat yang  kurang ajar kemaren mati ngantu, "teriak sejumlah awak media lagi.

Dimana untuk membantu publikasi program pembangunan yang tengah dilakukan dan sekaligus dalam upaya membangun citra positif Pemkab Banyuasin dimata publik setelah kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi, Pemkab Banyuasin melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuasin menjalin kerjasama dengan 83 media baik cetak,elektronik,online maupun radio.

Penandatangan kerjasama ini dilakukan pimpinan perusahaan media dengan Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Banyuasin Riduan SKM dalam  rapat Kerjasama Publikasi Media Massa Tahun 2017 bersama Pimpinan Media Massa dan Elektronik dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin di ruang rapat Diskominfo Banyuasin,Senin (13/3/2017). 

" 83 yang kita rangkul untuk bekerjasama ini  terdiri dari Koran Harian 14 media, koran mingguan 38 media,
Online 25 media, Televisi 3 media dan Radio 3 media,"kata Kabid pengelolaan komunikasi publik Riduan SKM.

Ke 83 media ini berdasarkan penawaran yang telah diajukan dan juga proses negosiasi dan verifikasi yang telah dilakukan. "Media yang lengkap kita lakukan penandatangan kerjasama,sedangkan yang belum lengkap syaratnya kita masih persilahkan untuk melengkapi,"katanya.

Ada 4 poin kesepakatan dalam kerjasama ini diantarnya yakni Membantu Pemkab Banyuasin dalam hal publikasi dan pencitraan atas kasus OTT. "Artinya Tidak hanya kasus yang diangkat, tapi program yang berhasil juga diangkat itulah yang namanya berimbang,"harap Riduan.

Ditambahkan Riduan bahwa dari hasil verifikasi yang ada media yang akte notarisnya masih campur /bukan khusus perusahaan media. " Ini harus di robah,kalau tidak di robah mohon maaf kami tidak bisa menjalin kerjasama. Karena hal ini menyangkut profesionalitas kita,"tegasnya.

Ditambahkan Andi Wijaya bahwa proses kerjasama dengan perusahaan pers ini mengacu dengan surat edaran Dewan Pers. Dimana perusahaan pers harus berbadan hukum Indonesia.

"Khusus media online harus mengikuti panduan media cyber dewan pers, jika konten kanal belum lengkap maka belum dapat menjalin kerjasama. Jadi media online yang tidak ada kanal Advetorial kami minta dibuatkan,panduan media cyber dan nama redaksi juga harus dicantumkan. Kalau hal ini tidak ada tidak kami akomodir,"tandasnya.

4 poin kesepatakan yang ditandatangani Pimpinan Media dengan Dinas Kominfo Banyuasin

1. Membantu Kegiatan Pemkab Banyuasin dalam publikasi dan pemberitaan

2.Membangun Citra Positif Pemkab Banyuasin

3.Membantu Kontrol dalam hal sosial dan budaya

4.Membantu menciptakan kondisi politik,sosial,budaya yang aman dan kondusif .(Faz)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi