Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh : Red     Tanggal : 12 Mei 2018 18:59     Dibaca: 168 Pembaca

Upaya Meningkatkan IPM Sumsel

Peletakan Batu Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya

Palembang, Detik Sumsel- Penyerahan hibah lahan tanah untuk Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendapat apresiasi dari anggota DPR RI Dapil Sumsel, Ir H Hafisz Tohir. Bersama Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Republik Indonesia, Mohamad Nasir, Hafisz menjadi saksi Penandatanganan Prasasti Pembangunan Gedung Baru Fakultas Kedokteran UNSRI, Sabtu (12/5) di RSUD Provinsi Sumsel.

"Hadirnya Rumah Sakit ini dapat membantu masyarakat Sumsel, khususnya Palembang untuk berobat tidak lagi harus jauh ke luar Sumsel," kata Hafisz usai menghadiri acara. 

Politisi PAN ini menilai pembangunan RSUD dan Fakultas Kedokteran ini sebagai upaya Sumsel mengejar ketertinggalan di bidang kesehatan dibanding Provinsi lainnya, terutama di pulau Jawa. "Apalagi ini menjadi contoh dan keinginan Gubernur Sumsel menjadi rujukan kesehatan di luar pulau Jawa. Terlebih dilengkapi alat dan tekhnologi termodern dan tercanggih serta dokter dan perawat yang berstandar international," pujinya. 

Hafisz menyebut hal ini dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) Sumsel dan menjadi itikad baik mengejar rata-rata di atas nasional. "Kedepan koordinasi ini harus benar-benar sesuai. Apa yang sudah digariskan daerah tak boleh berbeda dengan pusat, begitu sebaliknya. Fungsi koordinasi kami menjembatani sebagai bagian integrasi," tuturnya. 

Apresiasi yang sama juga dilontarkan Menristekdikti Republik Indonesia Mohamad Nasir. Ia menilai langkah ini sebagai bentuk kontribusi provinsi pada pendidikan. "Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya ini adalah infrastruktur yang telah disediakan," ungkapnya.

Dengan hibah ini diapun menghimbau agar pihak terkait mewujudkan harapan Gubernur Sumsel dalam hal ini menjadikan rumah sakit milik provinsi Sumsel, berdampingan dengan Fakultas Kedokteran UNSRI yang segera dibangun menjadi rumah sakit rujukan nasional maupun international, harus didukung oleh sumberdaya yang berkualitas. 

"Kalau kita punya mimpi, Gubernur punya mimpi untuk menjadikan rumah sakit yang terbaik di negeri ini, menjadi rumah sakit kelas dunia. Tentu harus ada dukungan sumber daya yang berkualitas. Oleh karena itu para Guru Besar, Dosen harus kita lakukan perubahan-perubahan yang mendasar," tuturnya

Lebih jauh dia menuturkan, untuk menjadi Fakultas Kedokteran yang baik, inovasi menjadi yang sangat penting, riset harus didorong terus menjadi lebih baik. 

"Kalau kita tidak beranjak dari tekhnologi kita akan ketinggalan. Kita tidak bisa menghindar dari teknologi kalau kita mau bersaing di kelas dunia," tuturnya. 

Sebelumnya, Gubernur Sumsel Alex Noerdin menerangkan, Pemprov Sumsel saat ini sudah memiliki RSUD milik Provinsi Sumsel, dimana Alex optimis Rumah sakit tersebut akan menjadi rumah sakit terbaik yang dilengkapi dengan alat dan tekhnologi termodern dan tercanggih serta dokter dan perawat yang berstandar international.

"Target kita kalau masyarakat ada yang sakit, tidak perlu berobat ke luar negeri lagi, cukup berobat disini karena dokternya juga berstandar international, target berikutnya juga orang dari luar negeri berobat disini. Ini tujuan kita dan akan segera kita (Provinsi Sumsel) buktikan," terangnya. (Buy)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi