Diposting oleh : Bara Revolusioner     Tanggal : 03 Juli 2017 17:46     Dibaca: 106 Pembaca

Usai Lebaran Volume Sampah Meningkat

Petugas saat melakukan pengangkutan dikawasan jalan gunung, kemarin. Banyak Tumpukan Sampah Liar

Pagaralam,Detik Sumsel - Pasca lebaran volume sampah meningkat drastis. Tak pelak, imbas banyaknya limbah rumah tangga yang dibuang sembarangan memicu munculnya tumpukan sampah dibahu jalan yang ada di kota Pagaralam. Hal ini disinyalir belum membaiknya kesadaran masyarakat membuang sampah ditempat yang disediakan pihak terkait.

Pantauan di lapangan kemarin (3/7) misalnya, disepanjang Jalan Gunung mulai dari simpang empat lampu merah hingga persimpangan SMPN 2, di lokasi tersebut banyak ditemui tumpukan sampah yang sebelum keberadaannya tidak demikian banyak dan sudah ada tempat sampahnya.

Disinyalir, tumpukan sampah tersebut tidak hanya dari masyarakat setempat melainkan juga sengaja dibuang dari masyarakat lain. Tak pelak, kondisi demikian menimbulkan pemandangan tak sehat dan terkesan jorok.

Sisi lain, kondisi demikian justru membuat petugas pengangkutan sampah kerepotan. Seperti yang diungkapkan Pani (36) salahsatu sopir truk angkutan sampahbyang sedang melakukan pengangkutan mengatakan, tidak dipungkiri usai hari raya Idul Fitri volume sampah yang dibuang oleh warga meningkat dua kali lipat dari hari biasanya. Namun tetap harus diangkut. 

"Sudah lebaran, sejak masuk Senin volume sampah yang dibuang maningkat hampir dua kali lipat dari biasanya. Mau tak mau sampah harus tetap diangkut semuanya hingga bersih," ucap Pani mengaku dirinya beserta petugas kebersihan yang hanya libur lebaran dijatah satu hari saja.

Lanjut dia, mengenai meningkatnya volume sampah mungkin meningkatnya aktifitas masyarakat. Imbasnya, menimbulkan tumpukan sampah baru di bahu jalan. Padahal sudah disiapkan tempat sampah. Kita imbau masyarakatbuntuk membuang pada tempatnya, agar memudahkan petugas melakukan pengangkutan untuk dibuang kebTPA.

"Kendala para sopir, BBM atau minyak mobil terbatas hanya dijatahi 15 liter, cukup untuk satu kali jalan hingga ke TPA," ujar dia seraya mengatakan untuk rute angkutnya mulai dari Simpang empat lampu merah, simpang empat SMPN 2 hingga kawasan perumnas Nendagung.

Ditambahkan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam, Yapani Rahim mengatakan untuk volume samah seperti pengalaman tahun sebelumnya, usai lebaran meningkat. "Kita imbau untuk membuangnya tidak disembarang tempat, agar petugas tidak kesulitan melakukan pengangkutan," katanya. (gud)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi