Banyuasin Siap Sukseskan Asian Games Tahun 2018
Pasang Iklan di DetikSumsel.com
Diposting oleh :     Tanggal : 06 April 2017 16:28     Dibaca: 1635 Pembaca

Usulkan Pembayaran Honor Perangkat Desa Lewat Bank

Kepala DPMDP3A Empat Lawang, Alhumaidi Saman

Empat Lawang, Detik Sumsel – Untuk mempermudah kepala desa dan perangkatnya dalam menerima honor setiap bulannya. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) berencana mengajak bank bekerjasama, agar honor kades dan perangkatnya cukup dibayarkan via rekening setiap bulannya.

“Kami akan berkerjasama dengan pihak terkait, dalam hal ini bank agar gaji kades dan perangkat cukup dibayarkan melalui via transfer saja,” ujar Kepala DPMDP3A Empat Lawang, Alhumaidi Saman, Kamis (06/04).

Selain mempermudah dari segi pengambilannya, terang Alhumaidi, kepala desa dan perangkat akan aman dari tindak kriminal perampokan dan yang terpenting akan mempermudah dalam pembuatan surat pertanggungjawaban honor tersebut.
          
“Kalau sudah ada buku tabungan, saat menerima gaji tentu lebih aman. Kemudian yang terpenting Kepala Desa lebih mudah dalam membuat SPJ nya. Jika selama ini SPJ honor Kepala Desa dan perangkat sering terhambat karena butuh tanda tangan yang bersangkutan. Sekarang kalai sudah via transfer, kades cukup meminta slip di bank dan melampirkan dalam SPJ,” ucapnya.

Namun, kata Alhumaidi, tidak semua honor ADD bisa dilakukan via transfer, hanya yang bersifat pribadi saja. “Kalau gaji Kades dan perangkat itu kan sifatnya pribadi, bisa ditransfer, tapi kalau seperti operasional karang taruna dan operasional lainnya tetap melalui bendahara Desa,” terangnya.

Lebih lanjut, kedepan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan sosialisasi ke sepuluh Kecamatan di Kabupaten Empat Lawang. “Mungkin ada beberapa Kades dan perangkat yang belum mengerti tentang dampak positifnya, kedepan kami akan bekerjasama dengan pihak Bank, kalau bisa mengadakan sosialisasi ke setiap Kecamatan. Kalau semuanya membuat buku tabungan kan lumayan, bisa mencapai 2000 nasabah baru,” katanya.

Selanjutnya, dirinya menghimbau kepada seluruh Kepala Desa dan perangkat untuk membuka rekening tabungan. “Kami tidak memaksakan, tapi kalau bisa kita manfaatkan buku tabungan dalam pengiriman gaji, yang bisa diambil di ATM terdekat,” pungkasnya (chan)


  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi