Diposting oleh :     Tanggal : 06 Maret 2017 18:23     Dibaca: 345 Pembaca

Wabup Berang, Penambangan Pasir Ilegal Tidak Kunjung Ditindak

Wakil Bupati Musi Rawas Suwarti

Musi Rawas, Detik Sumsel-Wakil Bupati Musi Rawas (MURA) Suwarti berang, aktivitas penambangan pasir ilegal di Kecamatan Tugumulyo semakin meresahkan masyarakat. Untuk melihat secara langsung kondisi dilapangan, Pemkab Musi Rawas (MURA) segera melakukan cross check

"Dalam waktu dekat ini kami akan turun langsung untuk mengecek aktivitas tambang tersebut. Karena memang dampaknya yang sangat merugikan masyarakat, terutama petani padi,"tegasnya.

Terkait belum adanya respon dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), meskipun banyaknya laporan dari masyarakat. Wabup menyatakan bakal memangil pihak terkait untuk menyanyakannya alasan."Kami akan pangil jika memang DLH tidak turun. Karena memang ini sudah menjadi kewenangannya terkait dengan pengerusakan dan pencemaran lingkungan," jelasnya

Dia melanjutkan, sebenarnya masalah pertambangan tidak lagi menjadi wewenang kabupaten, tetapi sudah menjadi pengawasan pihak provinsi. Namun karena dampaknya yang merugikan masyarakat, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penertiban. 

"Sehingga kedepan tidak ada lagi penambang pasir yang merugikan masyarakat. Kami akan menertibkan semuanya, artinya sedikit demi sedikit akan terdeteksi sampai di desa-desa," janjinya.

Tak hanya itu, melalui Dinas Pengolahan Pajak dan Rentribusi, pihaknya akan terus mengali potensi-potensi yang mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Kami akan gali terus potensi-potensi yang ada di Mura ini, yang mampu meningkatkan PAD Mura. Tak lepas juga untuk masalah tambang pasir ini, memang menjadi kewenangan provinsi, tapi kami akan koordinasi dulu dengan pihak provinsi. Karena dampaknya sangat merugikan masyrakat,"tutupnya.(Trisna)

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi