Diposting oleh : AMS     Tanggal : 02 November 2016 16:01     Dibaca: 6274 Pembaca

Wajah Baru Ramaikan Bursa Pilwako Palembang

Nama Calon Walikota Yang Beredar di Medsos.

Palembang, Detik Sumsel- Pemilihan Walikota (Pilwako) Palembang masih tiga tahun lagi, tapi sejumlah nama mulai bermunculan sebagai bakal calon kepala daerah di kota Pempek ini ini untuk periode 2018-2023 nanti.

Menariknya dari nama-nama tersebut sebagian besar merupakan wajah baru, mereka berebut simpati dengan incumbent dan wajah lama. Diantara nama baru yaitu, Syaidina Ali (Mantan Kadishub Kominfo Provinsi), Nasrun Umar (Kadishub Kominfo Provinsi sekarang), Darmawan (Ketua DPRD Palembang/PDI Perjuangan), Umar Halim (Pengusaha), Hernoe Roesprijadji (Pengusaha), Belman Karmuda (Tokoh Inspirasi 2016) dan Hendri Zainuddin (Anggota DPD RI).

Selain itu, wajah lama juga beredar akan maju kembali seperti incumbent Harnojoyo (walikota sekarang), Fitrianti Agustinda (wakil walikota), Mularis Djahri dan Sarimuda (mantan calon walikota Palembang 2013) dan sebelumnya juga sudah mendeklrasikan akan maju dari jalur independen, H Eftiyani SH (mantan ketua KPU Palembang).

Menurut pengamat politik dan sosial Bagindo Togar SIP, banyaknya bakal calon yang muncul ini pertanda positif bagi warga kota Palembang. Artinya Palembang tidak mengalami Krisis calon kepemimpinan seperti daerah kab/kota lain di Provinsi ini, misalnya Kabupaten Muba.

"Pemilihan yang masih lama sebenarnya membuat para calon ini memiliki waktu banyak untuk sosialisasi dan menunjukkan kualitas kepemimpinan mereka," kata Bagindo.

Ketua IKA Fisip Unsri ini, menilai wajar dan sah-sah saja bila pribadi dan elite Politik Kota Palembang berambisi untuk lolos jadi Calon Wako Palembang. Sebab menjadi "Komandan Executiv" adalah jabatan yang cuku ' sexy', strategis dan suistenable bagi yg berkarier di bidang Politik.

"Apalagi Palembang sebagai Ibukota Provinsi yang tergolong luas juga memiliki nilai dan Potensi ekonomi sosial juga politik di kancah Nasional.Tak heran bila banyak pihak melirik Jabatan Wako menjadi "Peluang yang harus diperjuangkan," ulasnya.

Sementara itu, sejumlah calon masih malu-malu secara terang-terangan mengarakan bakal maju. Belman Karmuda misalnya, ia mengaku tidak mempermasalahkan ada beberapa kelompok masyarakat yang menginginkannya untuk maju sebagai walikota. Tapi sebagai seorang birokrat, ia mengaku banyak hal yang harua di penuhi.

"Saya hanya bekerja sesuai tupoksi yang memperhatikan terhadap masyarakat marginal. Tentunya dengan kreatifitas dan trobosan inisiasi, pemberdayaan dan pencerdasan anak bangsa Intinyo kalu masyarakat menghendaki siap karena itu amanah rakya yang tentunya suport dari semua," kata Belman yang juga Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Sosial Sumsel ini. 

Hal senada diungkapkan Syaidina Ali. Ia tidak menafikan banyaknya keinginan masyarakat yang memintanya untuk maju sebagai walikota. Ini tidak terlepas dari pengalaman mendampingi walikota zaman pak Husni dalam pembangunan, Eddy Santana mengelolah transportasi dan Gubernur Alex Noerdin.  

"Alhamdulillah ada kepercayaan masyarakat. Yang jelas sekarang bagaimana kita melakukan sosialisasi visi dan misi memberikan pelayanan cepat tepat dilayani birokrat profesional secara terbuka dan transparan dalam rangka mengangkat harkat martabat dan kedaulatan Palembang Darussalam," tuturnya. 

Berbeda dengan Hendri Zainuddin, ia lebih terbuka saat menerima pertanyaan wartawan dan mengaku siap jika memang bakal dicalonkan menjadi walikota Palembang jika memang masyarakat menginginkan. "Ya nanti kita survey dulu dan minta masukan pada tokoh masyarakat, termasuk tokoh agama untuk mencalonkan diri," kata Hendri.

Mantan Manager Sriwijaya FC ini mengaku kini lebih fokus aebagai anggota DPD RI dan menyerap aspirasi masyarakat Sumsel untuk di perjuangan di Senanyan. Ia juga belum mau bicara banyak soal visi misi dan lebih mengajak warga kota Palembang mendukung pemerintah kota saat ini dalam melaksanakan tugas pembangunan dan pelayanan. "Kita dukung dulu yang sekarang, pada waktunya akan kita tentukan. Dalam hal ini (Pilwako) masyarakatlah yang menentukan, saya maju atau tidak," tukasnya.(Dul/Wira/Pen)


Nama Bakal Calon Walikota Palembang 2018-2023

Harnojoyo (walikota sekarang)

Fitrianti Agustinda (wakil walikota)

Mularis (mantan calon walikota)

Sarimuda (mantan calon walikota)

H Eftiyani SH (mantan ketua KPU Palembang)

Syaidina Ali (Mantan Kadishub Kominfo Provinsi).

Nasrun Umar (Kadishub Kominfo Provinsi sekarang)

Darmawan (Ketua DPRD Palembang)

Umar Halim (Pengusaha)

Hernoe Roesprijadji (Pengusaha)

Belman Karmuda (Tokoh Inspirasi 2016)

Hendri Zainuddin (Anggota DPD RI)

Sumber: Media Sosial/Peliputan DetikSumsel.Com

  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Leave a Comment

*) Harus diisi

Refleksi