Iklan Lucianty Pahri
Pemerintah Kabupaten Banyuasin
Diposting oleh : Deddy Gusrizal     Tanggal : 28 Desember 2016 22:22     Dibaca: 341 Pembaca

Wako Berang, Instruksikan Sapu Bersih Pungli di Objek Wisata

 

Pagaralam, Detik Sumsel – Seiring maraknya keluhan banyak pengunjung kepariwisataan di Kota Pagaralam yang telah beredar di sejumlah media sosial, Walikota Kota Pagaralam, Hj Ida Fitriati MKes merespon cepat dengan menginstruksikan kepada Satuan Polisi Pamong Praja berkoordinasi bersama Polres Pagaralam, menindak oknum yang melakukan pungutan liar (Pungli) tidak sesuai ketentuan di sejumlah pintu masuk objek wisata.

“Parahnya lagi, aksi Pungli tersebut diposting wisatawan yang menjadi korban Pungli ke Media Sosial (Medsos). Alhasil, kegiatan itu menjadi trending topik di medsos, khususnya di Kota Pagaralam. Hal ini dinilai akan merugikan Kota Pagaralam sendiri, karena berdampak pada tingkat dan minat kunjungan wisatawan ke Kota Pagaralam,” ujar Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati MKes, di sela-sela kegiatan Pengambilan sumpah PNS di aula SD 74, Rabu (28/12).

“Hal ini sangat memalukan bagi kita semua. Bagaimana bisa berkembang kepariwisataan Kota Pagaralam? Karena, ini sudah termasuk Pungli, yang terjadi di sejumlah objek wisata kita. Hal ini harus ditindak tegas. Sebab jika tidak, maka banyak yang akan dirugikan,” tambah Wako Ida.

Melihat hal tersebut menjadi viral di Medsos, Wako memerintahkan langsung Sekretariat Daerah (Sekda) untuk mengambil tindakan tegas terhadap oknum-oknum tersebut. "Saya minta pak Sekda untuk lakukan tindakan tegas bersama Pol PP dan Polisi kepada oknum-oknum tersebut. Ambil jalur hukum, agar ini menjadi contoh bagi mereka. Pasalnya ini sudah melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Pagaralam," tegasnya lagi.

Wako juga meminta Pol PP, bekerjasama dengan Polisi untuk terus melakukan patroli selama libur natal dan tahun baru ini ke sejumlah objek wisata. Jika masih ditemukan ada oknum yang Pungli, langsung ditindak tegas. "Ini jelas sangat merugikan kita. Pasalnya, saat ini geliat pariwisata di Pagaralam sedang baik. Jangan sampai rusak hanya karena ulah oknum yang tidak bertanggungjawab," imbuhnya.

Selain itu tambah Wako, banyaknya pengunjung yang berwisata ke Kota Pagaralam juga berdampak pada kebersihan lingkungan. Tentunya di berbagai lokasi akan ditemukan banyak berserakan sampah pengunjung, sehingga volume sampah juga ikut meningkat. ‘Saya juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran SKPD terkait harus saling berkoordinasi mengatasi permasalahan ini. Khususnya kepada Dinas kebersihan, harus menyiagakan petugas kebersihan di titik-titik rawan sampah,” tandas Wako Ida.

Terpisah, sebelumnya Kapolres Pagaralam, AKBP Pambudi SIK mengatakan, Satgas Saber Pungli di Kota Pagaralam secepatnya akan dibentuk dan dilantik. Mengenai tindakannya terkait praktik pungutan-pungutan liar ini, tetap akan ditindak sesuai prosedur. “Penindakannya akan dilakukan Satreskrim. Yang jelas, jika temuan pungutan liar ini jika sudah meresahkan akan kita tindak tegas pelakunya,” tegas Kapolres. (vhan)

H. Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan
  • Google+
  • Whatsapp

0 Comments

Tinggalkan Komentar

*) Harus diisi

Refleksi